In-depth

Mengenal Manor Solomon, Wonderkid Israel Calon Pengganti Aubameyang di Arsenal

Minggu, 17 Januari 2021 16:03 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Arsenal memburu bintang Israel, Manor Solomon, di bursa transfer ini. Pemain Shakhtar Donetsk ini pun berpotensi menggusur Pierre-Emerick Aubameyang. Copyright: © twitter@ManorSolomon
Arsenal memburu bintang Israel, Manor Solomon, di bursa transfer ini. Pemain Shakhtar Donetsk ini pun berpotensi menggusur Pierre-Emerick Aubameyang.

INDOSPORT.COM Arsenal memburu bintang Israel, Manor Solomon, di bursa transfer ini. Pemain Shakhtar Donetsk ini pun berpotensi menggusur Pierre-Emerick Aubameyang.

Sempat terdampar di peringkat 15 klasemen Liga Inggris usai gagal menang di 7 laga beruntun, Arsenal mulai membaik jelang momen pergantian tahun. Raihan 3 kemenangan beruntun atas Chelsea, Brighton, serta West Brom sukses membawa The Gunners ke peringkat 11.

Manajer Mikel Arteta pun dinilai sudah berhasil menemukan solusi miskinnya kreativitas di lini tengah dengan memainkan Emile Smith Rowe sebagai gelandang nomor 10 dan menggeser Bukayo Saka dari sayap kiri ke sayap kanan.

Meski demikian, rangkaian hasil bagus itu kembali terhenti saat berjumpa Cystal Palace, Jumat (15/01/21) dini hari WIB. Pierre-Emerick Aubameyang dkk kembali tampil monoton sehingga hanya bermain imbang 0-0.

Bursa transfer Januari ini pun hendak dimanfaatkan Arsenal untuk mendatangkan pemain baru yang bisa menghadirkan kreativitas di lini tengah. Setelah sempat dikaitkan dengan nama-nama seperti Isco (Real Madrid) dan Emiliano Buendia (Norwich City), kini muncul nama baru di daftar belanja The Gunners.

Dilansir Express, sosok yang dimaksud adalah bintang muda Israel, Manor Solomon, yang bermain di Shakhtar Donetsk. Kubu Arsenal bahkan diklaim telah menghubungi agen sang bintang, Pini Zahavi, guna membicarakan kepindahan di Januari ini.

Manor Solomon memang tampil cukup baik bersama Shakhtar Donetsk musim ini. Ia tercatat telah tampil 17 kali di semua kompetisi, dan 5 gol dan 1 assist.

Solomon sempat menjadi mimpi buruk bagi Real Madrid di Liga Champions musim ini. Dari 2 gol yang dicetaknya di ajang tersebut, keduanya terjadi pada 2 pertandingan ketika Shakhtar menghadapi Real Madrid.

Istimewanya lagi, Shakhtar memenangi kedua laga itu dengan skor 3-2 dan 2-0. Sayangnya, mereka tersingkir di babak grup karena hanya finis di peringkat 3 sedangkan Real Madrid sukses menjadi pemuncak grup dan lolos ke 16 besar.

Bersinar di Ukraina Pasca Wajib Militer

Manor Solomon mengawali perjalanan sepak bolanya bersama klub Maccabi Petah Tikva di 2015 pada usia 16 tahun, dan sukses menembus tim utama setahun kemudian.

Penampilan gemilangnya membuahkan panggilan ke timnas Israel U-21 dan membuatnya masuk daftar 50 pemain paling menjanjikan versi UEFA.

Pada usia 18 tahun, ia menjalani wajib militer di Angkatan Bersenjata Israel. Selesai menjalankan kewajibannya untuk negaranya, Solomon menjalani debut di timnas senior Israel dan kemudian hijrah ke Ukraina untuk bergabung dengan Shakhtar Donetsk pada Januari 2019.

Bersama raksasa Ukraina itu kariernya berkembang pesat. Di musim penuh pertamanya pada 2019/2020, ia tampil 29 kali dan mencetak 6 gol serta 5 assist di semua kompetisi.

Dua dari 6 gol itu dicetak di Liga Champions dan bernilai penting bagi timnya, karena menjadi gol kemenangan Shakhtar atas Atalanta dan gol penyeimbang saat bertemu Manchester City.

Manor Solomon sendiri piawai bermain di sejumlah posisi mulai dari sayap kiri, sayap kanan, maupun gelandang serang. Meski demikian, selama di Shakhtar Donetsk ia lebih kerap ditempatkan di sayap kiri.

Jika benar-benar hijrah ke Emirates Stadium, pemain 21 tahun ini pun berpotensi menggusur Pierre-Emerick Aubameyang yang belakangan tampil buruk di sayap kiri The Gunners.

Kehadiran Solomon akan membuat Arteta punya trio muda nan mematikan di belakang Alexandre Lacazette yang menjadi penyerang tengah, yakni Bukayo Saka (kanan), Emile Smith Rowe (tengah), dan Solomon (kiri).

Sang pemain sendiri diketahui berminat pindah ke Emirates Stadium dan siap hijrah pada bursa transfer Januari ini atau musim panas depan, seperti diungkapkan salah satu anggota keluarganya kepada Express.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
25%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
75%