Liga Inggris

Dilema Besar Mikel Arteta Jelang Laga Arsenal vs Newcastle United

Senin, 18 Januari 2021 12:52 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor:
© Marc Atkins/Getty Images
Pelatih sepak bola Arsenal, Mikel Arteta, sedang mengalami dilema besar ini menjelang pertandingan sulit melawan Newcastle United di Liga Inggris 2020-2021. Copyright: © Marc Atkins/Getty Images
Pelatih sepak bola Arsenal, Mikel Arteta, sedang mengalami dilema besar ini menjelang pertandingan sulit melawan Newcastle United di Liga Inggris 2020-2021.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola Arsenal, Mikel Arteta, sedang mengalami dilema besar ini menjelang pertandingan sulit melawan Newcastle United di Liga Inggris 2020-2021.

Arsenal akan menjamu Newcastle United di Emirates Stadium pada Selasa (19/01/21) pukul 03.00 WIB dini hari. Ini adalah ujian berat bagi The Gunners yang sedang berada di tren positif.

Skuat Mikel Arteta itu memang sedang bangkit pelan-pelan di kancah domestik. Meski masih menghuni peringkat 11, tapi dalam lima laga terakhir di Liga Inggris, mereka baru kalah satu kali.

Kondisi ini ternyata harus mendapat ujian dari The Magpies di pekan ke-19. Newcastle memang sedang terpuruk, tapi bukan berarti mereka tak bisa memberi perlawanan sengit.

Sebab, melansir dari Mirror, Mikel Arteta sedang menghadapi dilema berat yang berkaitan dengan kebugaran para pemain asuhannya.

"Kami sedang mencari jalan keluarnya. Jadwal padat dan kami yang tidak mendapat jatah pramusim membuat kami selalu kesulitan. Itulah alasan kenapa kami selalu meminta sistem lima substitusi," ujar Arteta.

"Kami akan membuat perubahan (rotasi pemain jelang laga kontra Newcastle). Namun, ketika Anda menang, Anda ingin terus berada di dalam tim (untuk bermain)," lanjut sang pelatih.

"Ketika ada pemain yang tampil bagus, maka Anda tidak akan memanggilnya. Sebab, Anda akan ditanya 'kenapa kau memainkannya?'. Padahal, para pemain selalu ingin tampil dari laga ke laga," pungkasnya.

Dari penuturan Arteta di atas, bisa disimpulkan bahwa sebagai seorang pelatih, ia ingin memainkan anak asuhnya. Akan tetapi, Arsenal menghadapi jadwal yang padat dan berpotensi memberikan cedera ke skuatnya.

Padahal, para pemain klub London tersebut selalu ingin tampil untuk memberikan kontribusi. Inilah yang tak bisa dilakukan Arteta meski ia menginginkannya. Sebab, ia mengkhawatirkan kondisi fisik mereka.

Meski demikian, beruntung Newcastle United sedang tampil buruk belakangan ini. Mereka belum pernah menang dalam lima laga terakhir di Liga Inggris. Sehingga, Arsenal bisa sedikit terbantu.