In-depth

Alisson Becker dan Pembuktian Betapa Absolut Dirinya di Liverpool

Selasa, 19 Januari 2021 17:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Alisson Becker adalah salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki klub Liga Inggris, Liverpool. Copyright: © Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Alisson Becker adalah salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki klub Liga Inggris, Liverpool.

INDOSPORT.COM - Alisson Becker nampaknya patut berbangga diri lantaran apa yang sekarang diraihnya di klub Liga Inggris, Liverpool, layak mendapat apresiasi lebih.

Mantan pemain AS Roma tersebut adalah pengganti yang tepat bagi The Reds setelah kepergian sang mantan kiper, Loris Karius. Alisson pun menambah panjang daftar kiper terbaik yang pernah membela klub asal Merseyside tersebut.

Bahkan, Alisson bisa dianggap salah satu pahlawan yang paling berjasa di pertandingan Liga Inggris antara Liverpool vs Manchester United tempo hari. Duel yang harusnya panas tersebut berakhir imbang dengan skor datar 0-0.

Selain patut dipuji berkat clean sheet, Alisson juga pantas mendapat acungan dua jempol dalam menjaga pertahanan The Reds. Tanpa perjuangannya, Liverpool mungkin akan mengalami hasil yang lebih buruk dari sekadar skor kaca mata.

Apalagi, Manchester United sedang dalam tren yang sangat positif belakangan ini. Bukan hanya jadi pemuncak klasemen sementara Liga Inggris, mereka juga begitu produktif soal urusan mencetak gol.

Fakta ini tentu sebuah ancaman besar bagi siapa saja kiper lawan yang harus menghadapi mereka, tidak terkecuali seorang Alisson Becker.

Namun untungnya, pemain asal Brasil ini bisa meredam laju anak-anak asuh Ole Gunnar Solskjaer yang pasti haus gol di Anfield. Saat babak pertama, ia mungkin tidak terlalu sibuk lantaran hanya ada satu shot on goal yang ditorehkan lewat tendangan bebas.

Situasi sedikit berbeda saat memasuki babak kedua, di mana ia jadi sedikit lebih sibuk. Ia menyelamatkan tendangan Bruno Fernandes yang mengarah langsung ke tubuhnya dan yang satunya lagi ketika mantan pemain Sporting Lisbon itu mendapat bola dari Luke Shaw.

Alisson menunjukkan refleks yang apik untuk menyetop bola Fernandes dengan kakinya. Bukan hanya itu, penyelamatan yang paling ramai dibicarakan selanjutnya adalah keberhasilan Alisson menghalau tendangan Paul Pogba yang salah-salah bisa berujung gol.

Penampilan apik Alisson pun mendapat pujian dari banyak pihak, entah itu dari pada penggiat sepak bola, suporter, maupun para warganet di dunia maya. Bahkan, legenda The Reds, Jamie Carragher, juga turut buka suara.

“Saya rasa semua orang setuju bahwa mereka (Liverpool) punya kiper terbaik. Dua penyelamatan membuat Liverpool bertahan di pertandingan,” demikian respons Carragher, seperti diberitakan laman This is Anfield.

Hasil imbang kontra Manchester United tersebut mungkin cukup baik bagi Liverpool, mengingat kondisi lini pertahanan mereka yang sedang tidak stabil. Untungnya lagi, ada sosok Alisson yang benar-benar bisa diandalkan di depan gawang.

Ia bisa bertahan dengan kondisi saat ini, di mana Liverpool dihadapkan pada tantangan yang lumayan sulit, yakni mengisi tempat yang ditinggalkan Virgil van Dijk dan Joe Gomez.

Mereka sekali lagi harus memilih antara Jordan Henderson, Rhys Williams, dan Nathaniel Phillips untuk diduetkan bersama Fabinho di jantung pertahanan. Tidak pelak hal ini pun membuat banyak orang was-was.

Jika penonton layar kaca maupun yang nun jauh di sana saja khawatir, apalagi Alisson? Ia tentu sadar rekan-rekan yang berjaga di depannya mungkin tidak sebaik biasanya, ketika ada Virgil van Dijk, misalnya.

Namun beruntung, untuk saat ini setidaknya Liverpool belum ambruk meski lini pertahanan mereka masih berpotensi mengalami bongkar-pasang. Apalagi di sisi lain, The Reds juga sudah beberapa kali kehilangan poin berharga.

Hasil imbang memang lebih baik ketimbang kalah, tapi Jurgen Klopp pasti tidak ingin terus-terusan meraih satu poin yang pasti akan menghambat laju Liverpool di klasemen Liga Inggris 2020-2021.

Akan lebih apabila mereka bisa meningkatkan ketajaman di lini depan dengan menciptakan banyak gol agar menang, lalu didukung penampilan apik Alisson Becker sebagai shot stopper yang mencetak clean sheet yang banyak pula.

Menurut statistik di Liga Inggris 2020-2021, Alisson sejauh ini sudah tampil sebanyak 15 kali. Ia mencatatkan clean sheet lima kali, kebobolan 12 gol, dan melakukan 32 penyelamatan.  

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
50%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%