Bola Internasional

Wonderkid Indonesia: Muhammad Reza Kusuma, Gemilang di Spanyol dan Mentas di Kroasia

Selasa, 19 Januari 2021 16:25 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Youtube
Wonderkid Indonesia: Muhammad Reza Kusuma (kanan), Gemilang di Spanyol dan Mentas di Kroasia Copyright: © Youtube
Wonderkid Indonesia: Muhammad Reza Kusuma (kanan), Gemilang di Spanyol dan Mentas di Kroasia

INDOSPORT.COM – Mengintip perjalanan karir salah satu pemain muda (wonderkid) Indonesia, Muhammad Reza Kusuma yang gemilang di Liga Spanyol hingga kini mentas di kompetisi Kroasia.

Meski kompetisi sepak bola Tanah Air belum juga menemukan titik terang kapan bakal kembali bergulir, namun hal tersebut tak jadi halangan bagai para pemain muda untuk terus berkembang di luar negeri.

Selain Witan Sulaeman, Yanto Basna dan Egy Maulana Vikri yang memang telah dikenal sedang memperkuat klub asing, ternyata masih ada beberapa pemain lokal lain yang juga bermain di luar Indonesia saat ini.

Salah satunya adalah Muhammad Reza Kusuma, pemain berusia 20 tahun tersebut berkesempatan tampil memperkuat klub divisi tiga Liga Kroasia, HNK Primorac di gelaran musim 20/21.

Nama Muhammad Reza Kusuma sendiri sejatinya sudah cukup dikenal dalam beberapa tahun terakhir, tepatnya saat sang pemain tampil gemilang kala memperkuat Cristo Atletico yang bermain di divisi empat Liga Spanyol.

Selama membela Cristo Atletico, Muhammad Reza Kusuma lebih sering memperkuat tim kedua. Meski begitu, pemain yang pernah lakukan trial di Uni Emirate Arab tetap sukses jadi bagian penting klub, bahkan dirinya beberapa kali keluar sebagai pahlawan lewat gol yang ia cetak.

Seperti saat Cristo Atletico B bertandang ke markas Atletico Aguilar pada Minggu (20/10/19) silam. Kala itu, Reza berhasil mencetak satu gol yang membuat timnya terhindar dari kekalahan.

Dalam pertandingan pekan ketujuh Divisi Utama Provincial Palencia di Pol. Alberto Fernandez tersebut, gol milik Reza dan Victor membuat Cristo B meraih satu poin krusial serta menghantarkan Cristo B duduk di peringkat keempat dengan 14 poin.

Selang beberapa hari, Muhammad Reza Kusuma kembali bersinar di ajang Divisi Utama Provincial Palencia. Kali ini, Reza sukses mencetak dua gol untuk membantu Cristo Atletico B kalahkan CD Guardense dengan skor 5-1, Sabtu (26/10/19).

Hasil tersebut pun membawa tim Cristo B menempati posisi kedua klasemen sementara saat itu. Reza dkk hanya terpaut dua poin dari pemuncak klasemen, CD Cervera.

Puncak penampilan Muhammad Reza Kusuma bersama Cristo Atletico terjadi pada Sabtu (14/12/19), tepatnya dalam pertandingan pekan ke-15 kompetisi Divisi Utama Provincial Palencia.

Di pertandingan tersebut, Reza berhasil membawa timnya merangsek ke puncak klasemen usai meraih kemenangan atas San Antonio dengan skor 2-0. Tambahan tiga poin, membuat Cristo B mengemas 36 poin dan unggul satu poin atas runner-up sementara, CD Cervera.

Meski tak mencetak gol dalam pertandingan tersebut, namun performa Reza sebagai gelandang sukses memanjakan punggawa Cristo B dalam mengatur serangan serta menciptakan peluang.

Usai menjalani musim cukup gemilang di Spanyol, karir Muhammad Reza Kusuma di Eropa kembali berlanjut dengan memperkuat HNK Primorac.

Meski belum menjalani pertandingan resmi dengan timnya, namun Muhammad Reza Kusuma kembali menunjukkan kualitasnya kala memperkuat Vamos Indonesia di laga persahabatan kontra klub kasta keempat Liga Kroasia, HNK Zadar pada 21 November 2020 silam.

Dalam laga yang berlangsung di kota Zadar tersebut, Muhammad Reza Kusuma mampu membawa Vamos Indonesia meraih kemenangan telak 3-1 atas HNK Zadar.

Masing-masing gol Vamos Indonesia kala itu dicetak oleh Aan pada menit ke-16’, Rivaldo (36’) serta Rizal (55’) melalui eksekusi titik penalti.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%