Bola Internasional

Rapor Gemilang Riku Matsuda, Bek Berdarah Jawa yang Mentas di Liga 1 Jepang

Kamis, 24 Desember 2020 21:40 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Kiyoshi Ota - JL/Getty Images for DAZN
Pemain Jepang keturunan Indonesia (Jawa) yang bermain di klub J1 League Cezero Osaka Riku Matsuda. Copyright: © Kiyoshi Ota - JL/Getty Images for DAZN
Pemain Jepang keturunan Indonesia (Jawa) yang bermain di klub J1 League Cezero Osaka Riku Matsuda.

INDOSPORT.COM – Intip catatan fantastis salah satu pesepakbola berdarah Indonesia, Riku Matsuda yang musim ini bersinar di kasta teratas Liga Jepang.

Nama Riku Matsuda sendiri memang sempat menjadi perbincangan beberapa waktu lalu, tepatnya saat sang saudara kembang yakni Riki Matsuda mengunggah foto beradat Jawa saat masih kecil di media sosial pribadinya.

Foto yang diunggah bersama sang ibu di Instagram pada Senin (13/04/20) silam tersebut, terlihat jika Riki dan Riku Matsuda sangat tampan dengan busana adat Jawa.

Dalam postingan itu juga, Riki Matsuda yang merupakan pesepakbola juga mencantumkan caption ‘IDJP’. Jika diartikan kata tersebut adalah Indonesia-Jepang, simbol yang menjelaskan asal daerah keduanya.

Dalam salah satu wawancaranya, Riki dan Riku Matsuda mengaku jika mereka memang memiliki darah Indonesia tepatnya dari sang ayah yang berasal dari Jawa.

Lebih lanjut, kedua saudara kembar ini pun tak menutup kemungkinan untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia suatu saat nanti, meski sekarang mereka masih berhasrat untuk berseragam Samurai Biru.

Walau belum ada keputusan maupun undangan resmi dari PSSI untuk kedua pemain tersebut, namun menarik disimak beberapa catatan menarik serta rapor penampilan dari Riku Matsuda yang mentas di Liga Jepang.

Meski Riki dan Riku Matsuda sama-sama mentas di Jepang, namun kiprah sang adik (Riku Matsuda) terbilang jauh lebih mentereng. Terbukti, pemain berusia 29 tahun itu masih mentas dan jadi andalan utama timnya di Liga 1 Jepang. Sementara sang kakak (Riki Matsuda), masih berjuang di kasta kedua Liga Jepang bersama Ventforet Kofu.

Riku Matsuda memulai karir sepakbolanya bersama Biwako Seikei Sport College, sebelum akhirnya mendapat kontrak profesional dengan FC Tokyo tahun 2014 lalu. Pada 2016, Riku Matsuda hengkang ke Cerezo Osaka yang saat itu masih berkompetisi di J2 League.

Menariknya, Riku Matsuda yang kini berposisi sebagai wing back ternyata memulai karir sepakbola sebagai penyerang. Namun justru di posisi bertahanlah Riku Matsuda menemukan top performance.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
67%