Liga Indonesia

Rencana Liga 1 2021 Digelar Maret 2021, Robert Alberts Nilai Tak Ideal

Rabu, 20 Januari 2021 10:38 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menanggapi rencana kompetisi Liga 1 2021 yang akan digelar pada Maret 2021 mendatang. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menanggapi rencana kompetisi Liga 1 2021 yang akan digelar pada Maret 2021 mendatang.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menanggapi rencana kompetisi Liga 1 2021 yang akan digelar pada Maret 2021 mendatang. 

Sebagai informasi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memproyeksikan kompetisi Liga 1 2021 digelar pada Maret 2021 dan wacana yang beredar laga pembuka kompetisi musim baru itu akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Menurut pelatih asal Belanda ini, tidak ideal jika kompetisi Liga 1 2021 digelar pada Maret 2021, karena akan banyak klub yang tidak siap. Lantaran, ada beberapa hal yang harus dilakukan klub sebelum menghadapi kompetisi. 

Salah satunya diantaranya, yakni dalam merekrut pemain. Kondisi pandemi corona atau covid-19, membuat klub sulit untuk mendatangkan pemain asing, selain itu setiap tim membutuhkan waktu yang tak sedikit untuk mematangkan persiapan agar tampil maksimal di kompetisi.

"Rencana untuk menjalankan liga di bulan Maret juga terlalu cepat. Jika setiap klub belum mulai berlatih dan banyak klub masih mencari pemain asing baru," kata Robert Alberts.

"Kami berbicara soal kualitas liga dan antusiasme untuk supporter dan standar dari sepak bola Indonesia dalam platform yang lebih besar," ucap mantan pelatih PSM Makassar ini menambahkan.

Robert Alberts menambahkan, pemain yang ada di Indonesia sudah lama tidak merasakan atmosfer pertandingan kompetisi, lantaran Liga 1 2020 sudah dihentikan sejak pertengahan Maret 2020 lalu karena pandemi corona atau covid-19.

Sehingga, menurut Robert Alberts, pemain membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan mengembalikan performanya, sebelum tampil di kompetisi musim baru.

"Jadi saya pikir bulan Maret terlalu cepat, karena klub belum berlatih, belum melakukan persiapan, pemain tidak bermain selama satu tahun," ungkapnya.

Saat kompetisi berjalan dengan normal, setiap klub membutuhkan waktu untuk mempersiapkan diri sekitar enam sampai delapan pekan. Namun, kondisi sekarang berbeda dengan sebelumnya, lantaran saat ini sedang dalam pandemi corona.

"Jika di musim yang normal, dalam kondisi yang normal, pemain berlibur selama enam sampai delapan pekan dan setelah itu latihan pramusim juga berjalan enam sampai delapan pekan. Itu karena kondisi tidak terlalu menurun. Tapi sekarang kami tidak bermain selama satu tahun," jelasnya.

Sebagai informasi, PT LIB baru menampung aspirasi dari klub peserta kompetisi pada pertemuan yang digelar secara virtual, Jumat (15/01/21). Dalam kesempatan itu, mayoritas klub meminta kompetisi musim 2020 dihentikan dan digantikan Liga 1 2021.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%