Liga Italia

Bedah Kualitas Junior Firpo, Calon Pesaing Theo Hernandez di AC Milan

Kamis, 21 Januari 2021 23:46 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Giuseppe Maffia/NurPhoto via Getty Images
AC Milan dirumorkan semakin dekat mendapatkan bintang Barcelona, Junior Firpo, di bursa transfer musim dingin 2021. Seperti apa kemampuannya? Copyright: © Giuseppe Maffia/NurPhoto via Getty Images
AC Milan dirumorkan semakin dekat mendapatkan bintang Barcelona, Junior Firpo, di bursa transfer musim dingin 2021. Seperti apa kemampuannya?

INDOSPORT.COM - AC Milan dirumorkan semakin dekat mendapatkan bintang Barcelona, Junior Firpo, di bursa transfer musim dingin 2021. Dilansir dari Milan News, Milan masih terus menjalin komunikasi dengan manajemen Barcelona untuk merekrut sang pemain di Januari 2021.

Rossoneri akan mendatangkan Firpo dengan jalan pinjaman beserta opsi pembelian di akhir kontrak. Hal ini dimaksudkan agar Milan tidak perlu membuang 20 juta euro (Rp341 miliar) sesuai permintaan Blaugrana.

Meski demikian, belum ada informasi lebih lanjut terkait berapa uang muka untuk pinjaman yang harus dikeluarkan AC Milan. Sebab, kedua pihak memang tengah menjalin diskusi terkait hal tersebut.

Jika sukses mendapatkan Firpo, maka ia bakal menyempurnakan transfer Milan untuk Januari, di mana sebelumnya mereka sudah mendatangkan Soualiho Meite dan Mario Mandzukic.

Junior Firpo sendiri telah memperkuat Barcelona sejak 2019 yang lalu. Bersama raksasa LaLiga Spanyol tersebut di kancah domestik musim ini, ia baru dimainkan empat kali dan menyumbang satu assist. Seperti apa kualitas sesungguhnya dari seorang Junior Firpo?

Junior Firpo merupakan pemain muda Barcelona yang bermain di posisi bek sayap kiri. Firpo didatangkan Barcelona dengan mahar 18 juta euro dari klub Real Betis 

Saat di Real Betis, Junior Firpo tampil menjanjikan. Total sebanyak 29 penampilan dan tiga gol dicatatkannya pada musim 2019-2020. 

Pemain kelahiran Republik Dominika ini pun diplot untuk bersaing dengan pemain senior Barcelona, Jordi Alba. Sayangnya, selama di Barcelona, Firpo jarang sekali mendapat kesempatan tampil. 

Total, ia hanya dikasih kesempatan 10 kali tampil dengan kontribusi satu assist. Itu pun hanya dua kali ia tampil 90 menit penuh. 

Dominasi Jordi Alba yang juga jarang cedera membuat kesempatan Firpo tampil menyempit. Ia lebih sering jadi penghangat bangku cadangan Barcelona. 

Meski begitu, bukan berarti Junior Firpo pemain jelek. Di usia 24 tahun ia memiliki kemampuan dan kematangan. 

Firpo tercatat bisa bermain di sejumlah posisi selain bek kiri, yakni gelandang kiri dan bek kanan. Sebagai seorang bek kiri, ia memiliki kelebihan dalam memberikan umpan terobosan. 

Selain itu, Firpo juga cukup bagus dalam menahan bola. AC Milan juga akan diuntungkan oleh kemampuannya dalam bertahan. 

Jika bergabung dengan AC Milan, kemungkinan besar Junior Firpo akan dimainkan sebagai pelapis Theo Hernandez. Sebagai pelapis, Junior Firpo sudah sangat mumpuni. 

Ia bisa menjadi solusi jika Theo cedera atau berhalangan tampil. Sebab, bek sayap kiri Milan lainnya, Diogo Dalot, belum bisa tampil maksimal. 

Dibanding Dalot, Firpo terbukti lebih mampu tampil ofensif dan agresif. Meski begitu, bukan berarti Junior Firpo tanpa kekurangan. 

Melansir laman whoscored, Junior Firpo memiliki kelemahan dalam aspek konsentrasi. Hal ini memang beberapa kali kerap merugikan dirinya dan tim. 

Namun begitu, di usia yang masih 24 tahun, Junior Firpo bisa jadi investasi bagus untuk Milan. Ia masih bisa berkembang lebih baik lagi di tangan Stefano Pioli.

Apalagi, Junior Firpo juga memiliki kemampuan bermain di pos bek kanan. Kebetulan, tak lama lagi AC Milan bakal ditinggal oleh Andrea Conti yang akan hijrah ke sesama klub Liga Italia, Parma. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%