Liga Inggris

Profil Cheltenham Town, Klub Kasta Keempat yang Siap Permalukan Man City di Piala FA

Sabtu, 23 Januari 2021 21:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Mengenal lebih dekat klub Cheltenham Town, tim kasta keempat yang memulai kembali petualangannya di Piala FA dengan berjumpa raksasa Manchester City. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Mengenal lebih dekat klub Cheltenham Town, tim kasta keempat yang memulai kembali petualangannya di Piala FA dengan berjumpa raksasa Manchester City.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat klub Cheltenham Town, tim kasta keempat yang memulai kembali petualangannya di Piala FA dengan berjumpa raksasa Manchester City. 

Duel menarik akan tersaji di putaran keempat Piala FA 2020/21 antara Celtenham Town menghadapi Manchester City. Pertandingan ini cukup menarik lantaran lawan Man City merupakan tim dari kasta keempat. 

Cheltenham Town menjalani petualangannya di Piala FA dengan cukup heroik. Main dari putaran pertama, sudah tiga klub disingkirkannya dari Piala FA. 

Mereka adalah South Shields (3-1), Crewe (2-1), dan Mansfield (2-1). Sukses menyingkirkan tim-tim gurem Liga Inggris, Cheltenham Town kini langsung dihadapkan pada raksasa Manchester City. 

Meski begitu, kekuatan yang sangat timpang ini tak menjadikan Cheltenham Town tanpa peluang. Cheltenham sendiri tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun hanya berkompetisi di League Two (kasta keempat Liga Inggris), namun mereka berpotensi bisa menjadi kuda hitam yang akan menggilas mimpi Man City di Piala FA.

Cheltenham Town FC merupakan klub sepak bola Inggris yang berbasis di kota kecil Cheltenham, di Gloucestershire, Barat Daya Inggris. Klub yang didirikan pada 1887 ini tengah bermain di kompetisi League Two, alias kasta keempat Liga Inggris. 

Saat ini, Cheltenham Town FC berada di peringkat keenam berselisih empat angka dari pemuncak klasemen, Cambridge United. Mereka tengah dalam tren kurang baik setelah merengkuh hasil seri di empat laga beruntun. 

Meski begitu, bukan berarti mereka tak bisa memberikan ancaman bagi City. Sebab, tim tamu The Citizens saat ini juga harus ditinggal sejumlah pilarnya. 

Selain Kevin De Bruyne, Man City dipastikan juga harus kehilangan Sergio Aguero dikarenakan Covid-19, Kyle Walker yang masih cedera, dan Nathan Ake yang dikabarkan masih berjuang untuk bisa kembali bugar pascacedera beberapa waktu lalu.

Absennya De Bruyne dan pilar lainnya itu membuat Pep Guardiola mesti memutar otak. Apalagi, lawan yang dihadapi adalah tim 'antah berantah' yang belum diketahui kekuatannya dan siap mengejutkan. 

“Saya lebih penasaran dengan laga ini dibanding pertandingan lain lantaran saya tidak mengetahui (kekuatan) mereka. Saya harus lebih memperhatikan seperti apa mereka sebagai sebuah tim,” ujar Guardiola dilansir dari situs resmi klub. 

Cheltenham City pernah memiliki rekam jejak lolos ke babak kelima Piala FA 2001/02. Mereka pun akan mengulangi capaian tersebut. 

Jika jumlah skuad inti yang jadi ukuran, maka Cheltenham Town diuntungkan ketimbang Man City. Mereka bisa menurunkan skuad terbaik dengan mengandalkan pemain bintang mereka seperti George Loyd, Alfie May, Conor Thomas, dan lainnya.  

Laga Cheltenham vs Manchester City memang menakutkan bagi kubu tuan rumah, tapi jika diusut, ada beberapa benang merah antara dua klub ini yang bakal membuat duel mereka nanti malam semakin terasa menarik.

Dimulai dari analis performa Cheltenham, Shaun Howl, yang ternyata penggemar Manchester City, dan tentu akan sangat senang hati dibayar untuk menonton pertandingan klub kesayangannya tersebut walau sebagai musuh.

Selain itu, Cheltenham juga memiliki ikatan ‘keluarga’ dengan Manchester City lewat pelatih kiper mereka, Steve, yang merupakan keponakan legenda, mantan bek, sekaligus manajer The Citizens, Tony Book.

Lalu ada pula Charlie Raglan, salah satu pemain Cheltenham, yang tumbuh besar di keluarga suporter fanatik rival Manchester City, Manchester United. Tentu mereka bakal berpesta pora apabila The Citizens kalah di laga nanti malam.

Seperti kebanyakan duel tidak terduga yang terjadi di ajang Piala FA, Cheltenham vs Manchester City juga membawa sederet keuntungan bagi tuan rumah, sama halnya seperti klub-klub kecil yang menjamu para raksasa liga pada umumnya.

Sebagai manajer, Michael Duff juga tidak menampik hal tersebut. Ia berusaha bersikap realistis baik dari segi kualitas tim, gaji pemain, kondisi finansial klub, sampai hal-hal trivial seperti hasil penjualan tiket virtual.

“Kami belum pernah menyiapkan bujet sebanyak itu (250 ribu poundsterling), tapi beginilah keindahan Piala FA,” ujar Duff, dikutip dari The Guardian.

Siapa pun pemenang pertandingan Cheltenham Town vs Manchester City nantinya bakal berhadapan dengan salah satu di antara Swansea City atau Nottingham Forest untuk memperebutkan tempat di perempatfinal Piala FA. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%