Liga Indonesia

Pemain Bali United Ramai-ramai Ambil Lisensi Pelatih, Teco Buka Suara

Senin, 25 Januari 2021 18:25 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman/INDOSPORT
Fadil Sausu (tengah) dan Gunawan Dwi Cahyo dua pila Bali United yang mengambil lisensi kepelatihan. Copyright: © Nofik Lukman/INDOSPORT
Fadil Sausu (tengah) dan Gunawan Dwi Cahyo dua pila Bali United yang mengambil lisensi kepelatihan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, angkat bicara terkait langkah beberapa pilarnya mengambil lisensi pelatih. Dia memberikan saran agar Fadil Sausu dkk. memulai dari level sekolah sepak bola (SSB).

Ada beberapa skuat Serdadu Tridatu yang kini sudah mengantongi lisensi setara C AFC. Diawali Leonard Tupamahu, para pemain lain seperti Dias Angga Putra, Gunawan Dwi Cahyo, Fadil Sausu, hingga M Taufiq kemudian menyusul.

Dias Angga dkk. memanfaatkan situasi ketika kompetisi berhenti. Da mengambil lisensi di Jawa Barat, Gunawan di DKI Jakarta serta Fadil Sausu dan M Taufiq di Bali.

Teco, sapaan akrab Stefano Cugurra, mengikuti perkembangan para pemain, termasuk saat mengikuti kursus pelatih. Dia pun punya saran ketika nantinya para pemain sudah memutuskan pensiun dan ingin menjajal profesi pelatih.

"Untuk saat ini, mereka harus menikmati sebagai pemain dulu. Ketika nanti sebagai pelatih, pasti lebih bagus mulai dari pelatih SSB," ucap Teco.

Teco memberi saran seperti apa yang dialaminya sebagai pelatih. Pada awal karier, dia bercerita sempat melatih anak-anak berusia 10 tahun di Brasil.

Setelah itu, Teco melalui tahapan demi tahapan usia, hingga pernah jadi bagian dari tim kepelatihan Timnas Brasil U-20. Teco sempat bertualang ke Eropa, Asia Barat hingga betah berkarier di Asia Tenggara.

"Setelah dari SSB, kemudian bisa ke klub dengan para pemain muda. Setelah itu menjadi asisten dari tim senior dan siap berlanjut sebagai pelatih kepala dari tim senior," jelas Teco.

Bagi Teco, setiap tingkatan memberikan pengalaman penting dalam perjalanan karir sebagai pelatih. Bila setiap tahapan telah dijalani, seorang pelatih akan siap mental dan taktik untuk mengendalikan tim senior, termasuk tim bertabur bintang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%