Liga Indonesia

Sadar Umur, Beto Goncalves Sudah Tak Mau Lagi Merantau ke Luar Negeri

Selasa, 26 Januari 2021 20:35 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi gol striker klub Liga 1, Madura United, Beto Goncalves ke gawang Persija di Piala Gubernur Jatim 2020 Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi gol striker klub Liga 1, Madura United, Beto Goncalves ke gawang Persija di Piala Gubernur Jatim 2020

INDOSPORT.COM - Beto Goncalves turut menyampaikan pandangan tentang ramainya fenomena pesepak bola Indonesia yang memilih berkarier di kompetisi luar negeri akibat ketidakpastian kelanjutan Liga 1.

Baginya, ada sejumlah pertimbangan yang mesti dipikirkan seorang pemain sebelum menerima tawaran ke luar negeri, meski berpotensi menghasilkan materi dan pengalaman berlipat ganda sekali pun.

"Faktor usia mungkin membuat saya sudah melupakan niatan untuk bermain di (kompetisi) Malaysia atau Thailand," ucap Beto Goncalves di tengah kegiatan fun football di kawasan Gresik, Jawa Timur, Senin (25/1/21).

"Di sana, mungkin saya harus mulai dari nol lagi," sambung striker naturalisasi Madura United yang kini berusia 40 tahun tersebut.

Padahal, Beto Goncalves bukan nama yang terlalu asing di kawasan Asia Tenggara. Dia setidaknya pernah sekali merantau ke Liga Super Malaysia, dengan membela Penang FA (2015), klub Ryuji Utomo saat ini.

"Mereka belum tahu kualitas saya di sana. Tapi di Indonesia, meski umur sudah 40 tahun, mereka masih percaya saya," tandas Beto Goncalves.

Beto masih berstatus sebagai striker Madura United pasca-Liga 1 2020 dibubarkan oleh PSSI. Sejatinya, dia segera melanjutkan karier di Liga 2 untuk membantu Sriwijaya FC dengan status pinjaman.