Bola Internasional

Indonesia Untung? Media Korea Soroti Efek Pemain No 1 Shin Tae-yong ke Ansan Greeners

Rabu, 27 Januari 2021 07:41 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
© https://www.instagram.com/asnawi.bhr/
Asnawi Mangkualam, pemain penting saat Timnas Indonesia sekaligus pemain no 1 Shin Tae-yong yang bakal gabung Ansan Greeners disorot media Korea. Keuntungan bagi Indonesia? Copyright: © https://www.instagram.com/asnawi.bhr/
Asnawi Mangkualam, pemain penting saat Timnas Indonesia sekaligus pemain no 1 Shin Tae-yong yang bakal gabung Ansan Greeners disorot media Korea. Keuntungan bagi Indonesia?

INDOSPORT.COM - Penggawa Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam atau pemain kesayangan Shin Tae-yong hanya tinggal selangkah lagi lakoni K League 2 bareng Ansan Greeners. Media Korea pun soroti keuntungan besar Tanah Air.

Sempat tergabung dengan skuat Garuda Junior, bek kelahiran 1999 itu didapuk sebagai salah satu pemain terbaik Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) 2019. Aktif dari Indonesia U-17 buatnya lancar tembus skuat senior.

Tak heran, pemain yang membela PSM Makassar tersebut juga turut ikut bela negara saat menyabet medali perak di gelaran SEA Games 2019 lalu. Sempat melihat performanya di lapangan, Shin Tae-yong pun berikan kesan bangga kepada Asnawi.

"Dia mengungkapkan keinginan kuat untuk berkembang dan mau belajar sehingga layak jadi nomor satu di hati saya. Dia adalah pemain yang tidak akan saya sesali," ucap pelatih asal Korea Selatan itu dilansir Chosun.

"Pemain itu bisa saja bekerja tak hanya di K League 2 tapi hingga K League 1, mental serta jiwa kompetitifnya bisa saja kalah dari Korea. Tapi inilah yang unik, tanpa hal tersebut, pemain Indonesia ini menghancurkan segalanya," tutupnya.

Tergabungnya ke Ansan Greeners justru membuka peluang besar lebih banyak pemain Negeri Kepulauan yang akan merumput di Negeri Ginseng. Ya, hal tersebut tercantum lewat media Hankyung yang menyoroti hubungan mutualisme berkat Asnawi Mangkualam.

"Asnawi pemain menjanjikan lewat 179 ribu pengikut Instagram berhasil meningkatkan popularitas Ansan Greeners yang punya lebih dari 10 ribu followers hanya selang sehari. Agen penjualan hak siar K League bersiap mengakses pasar Indonesia," tulis media itu.

Menggoda dengan jumlah pengikut media sosial klub-klub Korsel yang bertambah berkat pemain Indonesia, media yang sama juga tak lupa memberikan tips agar perburuan mereka tak gagal. Maklum, sebelum Asnawi ada dua bintang Vietnam yang melempem.

Sebut saja Nguyen Cong Phuong dan Luong Xuan Truong selaku pemain-pemain unggulan Park Hang-seo. Sama-sama membela Incheon alias tim divisi utama, kedua penggawa The Golden Stars ini hanya bertahan sejenak sebelum akhirnya kembali ke liga lokal.

Dengan peningkatan pemanfaatannya, Asnawi Mangkualam mungkin saja akan kian buktikan kualitas para pemain-pemain Timnas Indonesia di mata dunia. Siapa tahu, akan lebih banyak rekomendasi Shin Tae-yong di banyak tim asal Korea Selatan nantinya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%