Liga Inggris

Cerdas! Ini Rencana Tuchel untuk Mengatasi 'Kemandulan' Timo Werner di Era Lampard

Sabtu, 30 Januari 2021 05:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Chelseafc.com
Timo Werner saat mencetak gol kedua bagi Chelsea ke gawang Morecambe. Copyright: © Chelseafc.com
Timo Werner saat mencetak gol kedua bagi Chelsea ke gawang Morecambe.

INDOSPORT.COM – Pelatih anyar Chelsea, Thomas Tuchel membeberkan resepnya agar Timo Werner kembali tajam usai mandul selama berada di bawah arahan Frank Lampard.

Nama Werner perlahan menurun berbarengan dengan performanya. Pamor sebagai salah satu juru gedor terbaik di Eropa pun memudar seiring seretnya keran golnya bersama Chelsea.

Banyak yang menduga,Werner kesulitan beradaptasi dengan pola permainan Liga Inggris yang ketat. Banyak juga yang meyakini, mandulnya penyerang berusia 24 tahun itu dikarenakan Lampard memainkannya di luar posisi aslinya.

Seperti diketahui, Lampard kerap memainkan Werner sebagai sayap kiri dalam formasi 4-3-3. Posisi tersebut nyatanya malah mengeksploitasi kelemahannya dalam menggiring bola.

Mengetahui hal tersebut, Thomas Tuchel selaku pelatih anyar Chelsea pun telah menyiapkan rencana khusus untuk Timo Werner agar tak mandul seperti saat diasuh Frank Lampard.

Dikutip dari Sky Sports Jerman, Tuchel akan menempatkan Werner sebagai di posisi yang tepat untuknya agar kemampuannya terlihat. Posisi tersebut berada di antara sayap kiri dan penyerang tengah.

“Kita butuh posisi yang tepat untuknya (Werner). Jadi dia bisa bermain sedikit di antara sayap kiri dan penyerang tengah. Kita akan membuatnya berada di belakang garis akhir (pertahanan lawan) dengan kecepatannya. Dia hanya perlu kembali percaya diri dan tersenyum,” tutur Tuchel.

Tak disangka, rencana Tuchel ini senada dengan keinginan Werner. Mantan bomber RB Leipzig ini mengaku butuh ruang dalam pertahanan lawan untuk memanfaatkan kecepatannya. Ia mengisyaratkan posisi 9.5 atau penyerang lubang sebagai posisi favoritnya.

“Saya bermain di sisi kiri (di arahan Lampard) dan itu bukan posisiku. Saya butuh kedalaman lapangan untuk menggunakan kecepatanku. Dan saya suka bermain di tengah karena saya sebelumnya pemain di posisi 9.5 (bukan pemain nomor 11),” tutur Werner.

Tentunya apa yang jadi rencana Thomas Tuchel bisa membuat Timo Werner kembali menunjukkan ketajamannya. Kini tinggal bagaimana melihat sepak terjangnya bersama Chelsea sepeninggalan Frank Lampard.