Liga Indonesia

Renovasi Stadion 17 Mei Rampung, Markas Barito Putera Sisakan Banyak PR

Sabtu, 30 Januari 2021 14:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Herry Ibrahim
© Ronald Seger Probowo/INDOSPORT
Kondisi Stadion 17 Mei Banjarmasin saat renovasi tahap pertama. Copyright: © Ronald Seger Probowo/INDOSPORT
Kondisi Stadion 17 Mei Banjarmasin saat renovasi tahap pertama.

INDOSPORT.COM - Renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin tahap II telah rampung pada Januari 2021. Namun, stadion yang menjadi markas klub Liga 1 Barito Putera ini masih menyisakan banyak pekerjaan rumah (PR).

Dilansir dari website resmi Pemprov Kalsel, renovasi stadion 17 Mei Banjarmasin tahap II menghabiskan anggaran lebih dari Rp37 miliar. Namun, Barito Putera tidak serta merta bisa menggunakannya di Liga 1 2021.

Pasalnya, masih banyak komponen stadion yang harus diperbaiki atau ditambahkan, tentu harus menunggu proses renovasi tahap III yang rencananya akan digarap segera di 2021. 

“Renovasi stadion 17 Mei tahap II selesai sesuai target, tapi ini memang memerlukan lagi tahap III dan seterusnya. Karena di tahap II kita hanya melaksanakan finishing tribun VVIP dan tribun kiri-kanan di VIP serta rumput stadion,” ucap Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel, Agung Dewanto.

Proses renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin tahap III akan terus digarap tahun ini, dengan fokus pengerjaan meliputi perbaikan tribun yang Inggris dan tribun belakang gawang, juga kelengkapan pertandingan, sarana prasarana di dalam dan luar stadion.

“Kita benahi kelengkapan stadion seperti bench pelatih dan pemain cadangan, videotron, perbaikan lintasan lari, saluran drainase, pagar sekeliling stadion, lapangan parkir, sarana air bersih, genset, dan pemasangan kembali lampu lapangan, serta pemeliharaan rumput stadion,” jelasnya.

Meski demikian, proses renovasi tahap III masih menyesuaikan dengan dana yang tersedia. Jika tidak ada pemangkasan anggaran dari pemerintah, Agung Dewanto optimis proses renovasi stadion kebanggaan Kalsel ini akan rampung pada 2021.

Sementara Stadion 17 Mei mengalami renovasi, Barito Putera harus mengungsi ke Stadion Demang Lehman, markas Martapura FC. Di sisi lain, kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 2020 resmi dihentikan akibat pandemi virus Corona (Covid-19).