Bola Internasional

Resmi! Gelandang Muda Berdarah Indonesia Gabung Klub Kasta Teratas Liga Amerika

Minggu, 31 Januari 2021 18:50 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© GettyImages
Resmi! Gelandang Muda Berdarah Indonesia Gabung Klub Kasta Teratas Liga Amerika Copyright: © GettyImages
Resmi! Gelandang Muda Berdarah Indonesia Gabung Klub Kasta Teratas Liga Amerika

INDOSPORT.COM – Salah satu gelandang muda berdarah Indonesia, Thomas Gardner, musim ini resmi bergabung dengan FC Edmonton yang merupakan peserta kasta teratas liga benua Amerika.

Nama Thomas Gardner sendiri sebelumnya memang sempat menghebohkan jagat Tanah Air. Pasalnya, pemain berusia 22 tahun tersebut diketahui memiliki darah Indonesia yang berasal dari sang Ibu.

"Ya benar saya punya darah keturunan Indonesia. Semua berasal dari mama saya yang lahir di Indonesia," ungkap Thomas Gardner kepada awak media INDOSPORT beberapa waktu lalu.

Bahkan pada pertengahan 2019 lalu, namanya sempat diulas media olahraga Vietnam, Bongda, dan dikabarkan bakal dinaturalisasi oleh Timnas Indonesia U-22 untuk tampil di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Namun sayang, sampai saat ini kabar tersebut belum ada kejelasan bahkan Thomas Gardner mengaku tak pernah mendapat panggilan dari Timnas Indonesia maupun PSSI hingga sekarang.

Lama tak terdengar namanya, pada tahun 2021 ini Thomas Gardner sukses mencatatkan sejarah manis dalam karir sepak bolanya usai mendapat kontrak bersama FC Edmonton, salah satu kontestan Canadian Premier League atau kasta teratas Liga Kanada.

Sebagai informasi, Canadian Premier League merupakan salah satu kompetisi cukup bergengsi di kawasan Amerika Utara dan masuk dalam naungan federasi CONCACAF.

Kepada INDOSPORT, Thomas Gardner yang akhirnya berhasil memperkuat tim kasta teratas Kanada mengaku, jika dirinya sangat bahagia dan merasa tak sabar untuk bisa bermain secara profesional.

Sebelum berseragam FC Edmonton musim ini, Thomas Gardner memang lebih sering memperkuat tim junior atau tim kasta kedua seperti Whitecaps FC 2. Dirinya sempat juga bermain untuk tim kampus, UBC Thunderbirds pada tahun 2020 lalu.

“Terima kasih. Saya sangat bersemangat bermain untuk FC Edmonton dan kembali ke lingkungan profesional. Sudah beberapa tahun (absen dari kompetisi pro), tetapi saya yakin bisa bermain dan memberikan dampak positif buat tim,” ucap Thomas Gardner hari Sabtu (30/01/21) lalu.

Sementara itu dari keterangan laman resmi klub, Thomas Gardner mengaku jika dirinya sudah beberapa kali mendapat tawaran untuk gabung dengan Edmonton.

Namun akibat pandemi Covid-19 dan cedera yang ia derita, membuat pemain kelahiran North Vancouver ini harus menunda kesempatan mentas di liga teratas Kanada.

“Saya telah dipilih beberapa kali sebelumnya, tetapi karena cedera dan COVID saya tidak dapat pergi. Saya sangat senang bergabung dengan Edmonton kali ini, dan saya tidak sabar untuk mulai beraksi,” pungkasnya.

Dengan memperkuat FC Edmonton, menarik dinanti kiprah Thomas Gardner sepanjang gelaran Liga Kanada musim ini. Mampukah sang pemain tampil gemilang dan membuat namanya dilirik Timnas Indonesia?