Bursa Transfer

3 Pemain yang Bisa Dilepas Liverpool untuk Tabungan Dana Transfer

Senin, 1 Februari 2021 19:52 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Boris Streubel/Getty Images
Klub Liga Inggris, Liverpool, masih punya kesempatan menjual sejumlah pemainnya untuk mendanai kegiatan di bursa transfer musim panas. Copyright: © Boris Streubel/Getty Images
Klub Liga Inggris, Liverpool, masih punya kesempatan menjual sejumlah pemainnya untuk mendanai kegiatan di bursa transfer musim panas.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, masih punya kesempatan menjual sejumlah pemainnya untuk mendanai kegiatan di bursa transfer musim panas.

Liverpool dikenal sebagai salah satu klub yang kerap adem ayem saja ketika para rivalnya sibuk mencari pemain anyar. Walau begitu, The Reds juga tidak jarang membuat gebrakan dan kejutan dengan keputusan-keputusannya.

Mereka bisa tahu-tahu mendatangkan target yang tidak pernah diduga sebelumnya, mematahkan berbagai macam rumor yang sudah telanjur beredar di publik. Rekrutan-rekrutannya pun ada yang sukses, ada juga yang blunder.

Pada bursa transfer pemain Januari ini, Liverpool disibukkan dengan mencari pemain yang tepat guna mengisi stok bek tengah mereka yang menipis. Perlu ditanya lagi mengapa? Ya, apalagi kalau bukan karena absennya Virgil van Dijk dan Joe Gomez.

Mendatangkan pemain saat pertengahan musim sejatinya hanya solusi instan yang memang harus diambil Jurgen Klopp demi memperbaiki situasi di lini belakang. Namun jika ingin belanja lebih banyak lagi, The Reds bisa menunggu sampai musim panas.

Jika ingin membeli pemain pun, klub tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Ada kemungkinan mereka harus melepas beberapa pemain demi mengumpulkan pundi-pundi anggaran yang dibutuhkan.

Nah, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum setidaknya tiga pemain yang bisa dijual Liverpool sebagai pemasok dana untuk bursa transfer musim panas. Siapa saja ya kira-kira?

Xherdan Shaqiri

Tanda tanya tentang masa depan Shaqiri di Liverpool sendiri sejatinya sudah bergulir cukup lama, mungkin sekitar Oktober 2020 lalu. Ia bahkan sempat dipinggirkan dari skuat kontra Arsenal di Piala Liga Inggris ketika banyak klub sedang meminatinya.

Sontak saja, hal ini membuat beberapa pihak berspekulasi bahwa masa bakti Shaqiri di Anfield bakal segera berakhir. Akan tetapi, waktu demi waktu berlalu dan sang pemain ternyata masih berseragam The Reds hingga detik ini.

Cedera pun sempat menghampiri pemain asal Swiss ini yang membuatnya absen selama berpekan-pekan. Namun momen comeback lawan Newcastle United pada Desember 2020 mampu dimanfaatkannya dengan sangat baik.

Sejak saat itu, harapan baru mulai muncul dalam benak Shaqiri bahwa ia bisa bertahan lebih lama di skuat Jurgen Klopp. Namun sampai kapan? Tentu akan sangat dinanti apa yang akan dilakukan Liverpool terhadap pemainnya yang satu ini.

Nilai Xherdan Shaqiri pun tergolong lumayan. Ia bisa dilepas di rentang harga 20 juta poundsterling atau sekitar Rp385 miliar.

Ben Woodburn

Kini beralih pada nama yang agak kurang familier, Ben Woodburn. Meski tidak setenar Shaqiri, Woodburn bisa masuk daftar jual Liverpool di bursa transfer pemain.

Pasalnya, pemuda kelahiran 15 Oktober 1999 tersebut butuh pengalaman bermain yang lebih banyak dan sepertinya Jurgen Klopp belum bisa memenuhinya untuk saat ini, apalagi setelah sang pemain baru kembali dari masa peminjaman di Blackpool.

Masih begitu muda, Woodburn bisa dibilang nyaris menghabiskan sebagian besar kariernya sebagai pemain pinjaman. Selama itu pula ia sudah mengalami banyak hal tidak beruntung, mulai dari cedera sampai kekurangan menit bermain.

Liverpool mungkin akan mempertimbangkan melepasnya secara permanen dan mendapat dana meski tidak banyak. Di sisi lain, sang pemain bisa menetap di tempat lain yang lebih baik dan menjanjikan.

Divock Origi

Nama selanjutnya adalah Divock Origi. Jadi pahlawan Liverpool di Liga Champions 2018-2019 nyatanya tidak menjamin kelangsungan pemain kelahiran Jerman ini di Anfield.

Masalah yang dihadapinya pun standar, yakni tidak mendapat banyak kesempatan bermain. Musim ini saja, ia hanya tampil sebanyak tujuh kali di ajang Liga Inggris dengan total penampilan selama 153 menit.

Jika dilepas, Origi bisa jadi tambahan dana yang lumayan juga di bursa transfer. Sama seperti Xherdan Shaqiri, ia juga bernilai kurang lebih 20 juta poundsterling.