Bola Internasional

Keliru Minum Obat Istri, Kiper Ajax Andre Onana Kena Skors Setahun

Jumat, 5 Februari 2021 20:09 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Kiper Ajax Amsterdam asal Kamerun Andre Onana. Copyright: © Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Kiper Ajax Amsterdam asal Kamerun Andre Onana.

INDOSPORT.COM – Penjaga gawang Ajax Amsterdam, Andre Onana, dijatuhi sanksi larangan bermain di semua ajang sepakbola selama satu tahun karena terbukti doping.

Dilansir dari One Football, badan sepak bola Eropa UEFA menjatukan skors selama12 bulan kepada Onana karena melanggar aturan doping.

Kiper timnas asal Kamerun ini diskorsing dari semua aktivitas sepak bola selama setahun terhitung mulai Jumat (05/02/21) ini.

Seperti diketahui, sanksi atas pelanggaran doping ini berawal dari ditemukannya zat terlarang Furosemine dalam sampel urin yang diserahkan kiper berkebangsaan Kamerun pada 30 Oktober 2020.

Pihak Ajax sendiri merasa keberatan dengan sanksi yang dterima Onana. Pasalnya, sang pemain tidak sengaja meminum obat yang sebelumnya diresepkan untuk istrinya ketika dia merasa tidak enak badan.

Pada hari yang sama, kiper berusia 24 tahun itu dipanggil untuk menjalani tes narkoba secara acak.

Ajax mengatakan akan mengajukan banding atas skorsing ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

“André adalah penjaga gawang top, yang telah membuktikan kemampuannya untuk Ajax selama bertahun-tahun dan sangat populer di kalangan penggemar,” kata CEO Ajax Edwin van der Sar.

“Kami mengharapkan suspensi bersyarat atau suspensi yang jauh lebih pendek dari dua belas bulan ini, karena itu tidak dimaksudkan untuk memperkuat tubuhnya dan dengan demikian meningkatkan kinerjanya.”

Bisa dipahami. Adanya larangan pertandingan yang diterima Onana membuat Ajax merasa dirugikan. Pasalnya, Onana telah menjadi pemain kunci di Amsterdam sejak 2016.

Sang pemain juga menjadi bagian penting dari perjalanan raksasa Eredivisie Belanda menuju ke semifinal Liga Champions tahun 2019 kemarin.

Onana yang berusia 24 tahun telah memainkan 142 pertandingan untuk Ajax sejak 2015 dan 15 kali membela timnas Kamerun.