In-depth

Ketika Bajak Striker Barcelona Jadi Jalan Ninja Atletico Madrid Juara LaLiga Spanyol

Kamis, 11 Februari 2021 13:14 WIB
Editor: Coro Mountana
© Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Selebrasi gol Luis Suarez di laga LaLiga Spanyol Atletico Madrid vs Celta Vigo. Copyright: © Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Selebrasi gol Luis Suarez di laga LaLiga Spanyol Atletico Madrid vs Celta Vigo.

INDOSPORT.COM – Tradisi membajak striker Barcelona ternyata menjadi jalan ninja Atletico Madrid untuk menjadi juara LaLiga Spanyol, Luis Suarez selanjutnya?

Setidaknya hingga pekan ke-23, tradisi dan kecendrungan fenomena itu terlihat sepertinya bakal menjadi kenyataan. Semenjak berhasil membajak striker dari Barcelona, dalam hal ini adalah Luis Suarez, Atletico Madrid perkasa di puncak klasemen LaLiga Spanyol.

Atletico Madrid tercatat unggul 5 poin atas Real Madrid, tapi mereka punya tabungan 2 pertandingan lebih banyak. Dengan kata lain, jika mampu menyapu bersih 2 pertandingan tersebut dengan kemenangan, maka perbedaan poin dengan Real Madrid menjadi 11.

Tentu ini adalah kesempatan terbaik Atletico Madrid jika ingin memutus hegemoni Barcelona dan Real Madrid di LaLiga Spanyol. Seperti yang kita tahu, juara LaLiga Spanyol biasanya akan terus berkutat antara Barcelona atau Real Madrid saja, setidaknya begitu dalam 15 tahun terakhir.

Praktis hanya Atletico Madrid saja yang sempat dan pernah sekali juara LaLiga Spanyol pada edisi 2013/14. Sisanya, tidak ada lagi tim lain yang bisa merusak dominasi Barcelona dan Real Madrid.

Hal itu membuat kompetisi LaLiga Spanyol jadi terdengar membosankan karena nyaris tak ada juara baru di sana. Tapi kini, Atletico Madrid memiliki kesempatan emas membuat LaLiga Spanyol jadi seru lagi dengan kemungkinan merekalah yang akan menjadi juara.

Kunci kekuatan Atletico Madrid ada pada lini pertahanan yang melapisi kiper Jan Oblak di mana mereka sejauh ini baru kebobolan 12 gol saja dalam 20 laga. Tak hanya itu, sektor penyerangan juga menjadi kunci kekuatan utama Atletico Madrid.

Kehadiran Luis Suarez yang dibajak dari Barcelona memberikan dampak besar bagi Atletico Madrid dengan torehan 16 golnya dalam 17 laga. Bisa dikatakan, transfer Suarez merupakan rekrutan terbaik bursa transfer musim ini.

Menariknya, terakhir kali Atletico Madrid membajak striker Barcelona, ternyata itu malah berbuah trofi juara LaLiga Spanyol. Siapakah striker Barcelona yang dibajak dahulu hingga membawa Atletico Madrid juara liga dan apakah Suarez bisa mengulangi fenomena itu?