Liga Indonesia

Memori Stefano Cugurra Teco Tentang Gol 'Tangan Tuhan' Diego Assis

Kamis, 11 Februari 2021 05:24 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Bali United.
Diego Assis dalam latihan Bali United di Lapangan Karya Manunggal, Sidakarya, Denpasar, Senin (08/02/21). Copyright: © Bali United.
Diego Assis dalam latihan Bali United di Lapangan Karya Manunggal, Sidakarya, Denpasar, Senin (08/02/21).

INDOSPORT.COM - Stefano Cugurra Teco menjadikan Diego Assis Figueiredo sebagai rekrutan anyar Bali United tahun ini. Tentu saja pelatih asal Brasil ini sudah berdamai dengan memori gol "tangan tuhan" Diego Assis di Liga 1 2018.

Gol Diego Assis pernah membuat awak tim Persija Jakarta, termasuk Teco, emosi pada Liga 1 2018 lalu. Momen itu terjadi ketika Persija dikalahkan tuan rumah Persela Lamongan 0-2 di Stadion Surajaya.

Diego Assis mencetak gol pembuka menit ke-83. Berawal dari tendangan akrobatiknya yang membentur tiang gawang, Diego langsung menyerobot bola liar di depan gawang.

Seolah Diego Assis memasukkan bola dengan cara menyundul. Namun, dalam rekaman ulang memperlihatkan Diego mendorong bola dengan tangannya. Gol itu sempat diprotes keras Persija, terutama para pemain yang berada dengan Diego Assis.

Namun wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Tambahan gol dari Shohei Matsunaga menit ke-95 membuat Persela mengunci tiga poin di kandangnya.

Sudah lebih dari dua tahun gol kontroversial itu terjadi. Teco pun masih ingat dengan memori itu. Namun, dia sudah berdamai dengan kenangan lama. Apalagi pada akhir musim, Persija sukses jadi juara Liga 1 2018.

"Waktu itu menit-menit terakhir dari pertandingan. Kita kalah di Lamongan dengan gol dari Diego. Tapi ya itu situasi dari sepak bola. Mungkin saat itu wasit tidak melihatnya," ucap Teco, Rabu (10/2/21).

Kini, Diego Assis menjadi harapan Teco. Dia direkrut untuk mengisi slot pemain asing yang ditinggalkan Paulo Sergio. Teco punya keyakinan besar pada gelandang 34 tahun ini.

"Diego pemain yang kita butuhkan dalam tim. Berposisi gelandang serang. Dia sudah beradaptasi sama negara Indonesia. Sudah main di Persela dan Madura United. Dia juga pernah main di Eropa dan Arab Saudi. Sekarang dia cuma butuh adaptasi sama tim Bali United. Saya pikir pemain ini bisa bantu banyak di Bali United," tutur Teco.

Diego Assis sudah menjalani tiga sesi latihan bersama Bali United di Lapangan Karya Manunggal, Sidakarya, Denpasar. Masih ada waktu cukup lama sebelum Diego Assis berseragam Bali United dalam laga Piala AFC 2021. Zona Asia Tenggara baru akan digelar pada 22-28 Juni mendatang.