In-depth

Bedah Formasi Mengerikan Manchester United Jika Kedatangan Zinedine Zidane dan Sergio Ramos

Jumat, 12 Februari 2021 10:04 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Membedah formasi mengerikan klub raksasa Liga Inggris, Manchester United, seiring dengan kedatangan dua pilar Real Madrid, yakni pelatih Zinedine Zidane dan bek Sergio Ramos. 

Sepekan terakhir, jagat sepak bola Eropa dikejutkan dengan kabar keretakan hubungan rumah tangga antara Sergio Ramos dengan Real Madrid. Sergio Ramos disebut tak ingin bertahan di Real Madrid lagi, hal ini menimbulkan sejumlah spekulasi liar.

Salah satunya adalah rumor yang dihembuskan oleh Todofichajes, di mana dilaporkan jika agen Sergio Ramos disebut bakal melakukan perjalanan ke Inggris untuk negosiasi kontrak dengan Manchester United. Sontak rumor tersebut menggegerkan sepak bola Inggris dan Eropa.

Namun, bukan hanya Ramos yang meramaikan bursa transfer Manchester United. Kabarnya, pelatih Ramos di Real Madrid, Zinedine Zidane, juga diisukan bakal merapat ke Manchester United. 

Pelatih berkepala plontos itu sebetulnya telah sejak tahun 2018 menjadi incaran The Red Devils. Namun nampaknya baru tahun ini rencana tersebut berpeluang terealisasi seiring posisi Zidane yang tak aman di Real Madrid. 

Kedatangan pemain seperti Sergio Ramos tentu sangat menguntungkan bagi Manchester United. Sebab, Ramos merupakan pemain sarat pengalaman dan sangat sukses di Real Madrid dan Timnas Spanyol. 

Begitu juga dengan pelatih Zinedine Zidane. Zidane yang pernah mempersembahkan 3 gelar Liga Champions beruntun untuk Real Madrid sangat cocok untuk tim sekaliber Manchester United. Lalu, andai jadi bergabung, bakal seperti apa wajah Manchester United nanti?

Bedah Formasi Man United 

Zinedine Zidane membuat sensasi dengan mengantarkan kesuksesan besar untuk tim Real Madrid. Di tangannya, Real Madrid berhasil merengkuh tiga trofi Liga Champions secara beruntun. 

Tak cuma itu, ia juga berhasil mempersembahkan trofi LaLiga Spanyol dan Copa del Rey. Sejak saat itu, Zidane pun dianggap sebagai salah satu pelatih elite di dunia saat ini. 

Untuk mencapai hal tersebut, Zidane pun percaya kepada sistem menyerang sepak bola modern. Zidane adalah penganut fanatik dari formasi 4-3-3. 

Sejak periode pertama sampai kedua melatih Real Madrid, Zidane selalu menggunakan formasi ini. Mengandalkan tiga gelandang tengah dan tiga penyerang dengan komposisi dua winger dan satu penyerang sayap. 

Bersama Zidane, para penyerang sayap dan fullback Real Madrid sangat berjaya. Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo. 

Dengan fakta ini, maka cukup aman jika mengatakan bahwa Zidane bakal menggunakan formasi 4-3-3 untuk calon klub barunya, Manchester United. Beruntungnya, Man United cukup memiliki modal untuk menjalankan formasi ini. 

Saat ini Man United asuhan Ole Gunnar Solskjaer menganut formasi 4-2-3-1. Sejauh ini, strategi dengan double pivot seperti itu cukup membantu Man United menembus tiga besar Liga Inggris. 

Namun, melihat skuad yang ada, sejatinya Tim Setan Merah juga sangat cocok bermain dengan formasi 4-3-3. Di bawah Zidane, akan ada perombakan cukup radikal pada sistem bermain Man United. 

Untuk posisi bek Zidane masih akan memakai empat pemain. Bedanya, kali ini ada tambahan Sergio Ramos. 

Ramos bisa mengisi pos bek tengah menggantikan Victor Lindelof. Duetnya bersama Harry Maguire diyakini bisa menambah level permainan Man United untuk beberapa tahun ke depan. 

Untuk pos bek sayap, Zidane masih bisa menyerahkannya kepada Wan-Bissaka (kanan) dan Alex Telles (kiri). Peran kedua bek sayap sangat penting pada formasi 4-3-3 ini. 

Lalu masuk ke lini tengah, Zidane bakal menempatkan tiga gelandang dengan karakter kuat. Pada sektor ini Zidane tidak memiliki banyak pilihan untuk mendukung formasinya, kecuali untuk gelandang bertahan. 

Untuk itu, diyakini jika berlabuh ke Old Trafford, Zidane bakal belanja sejumlah gelandang baru di posisi kiri dan kanan. Saat ini hanya posisi gelandang bertahan yang menjadi kekuatan Man United karena mereka memiliki tiga pemain bagus di pos ini, yakni Paul Pogba, Fred, dan Scott McTominay. 

Sementara di posisi gelandang kanan, Zinedine Zidane untuk sementara bisa memainkan Juan Mata atau Bruno Fernandes. Nama Bruno tentu bakal jadi pilihan pertama saat ini. Sedangkan untuk sisi gelandang kiri, Man United bisa memercayakan kepada Donny van de Beek.

Beralih ke lini depan, di sinilah letak kekuatan sesungguhnya dari Manchester United asuhan Zidane. Setan Merah memiliki pemain mumpuni untuk dimainkan sebagai trisula. 

Pada posisi sayap kiri ada nama Marcus Rashford dan juga pemain anyar, Amad Diallo. Saat ini cuma dua pemain itu saja yang paling kuat di posisi winger kiri. 

Sementara pada posisi sayap kanan, Man United bisa memajukan posisi dari Mason Greenwood. Dengan posisi yang sedikit lebih dimajukan, Mason Greenwood diharapkan bisa lebih kontributif dalam mencetak gol.

Terakhir, di posisi ujung tombak ada nama Edinson Cavani yang bisa dijadikan pilihan utama. Pos penyerang tunggal adalah pos favorit dari bomber 33 tahun itu. 

Diprediksi akan ada banyak gol yang bisa dicetak oleh Edinson Cavani. Apabila Cavani berhalangan tampil, pelatih Zinedine Zidane bisa memainkan salah satu anak emas Man United di era 2010-an, Anthony Martial. Dengan lini serang yang kuat serta pertahanan yang kuat seiring kehadiran Sergio Ramos, Man United diharapkan bisa menjadi penantang serius juara Liga Inggris musim depan.