Liga Indonesia

Butuh Makan, PSSI Tak Ingin Larang Pemain Liga 1 Ikut Tarkam

Jumat, 12 Februari 2021 02:15 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang sudah berhenti sejak Maret 2020 lalu membuat Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, ikut bersedih.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu sadar kalau para pemain klub Liga 1 dan Liga 2 sangat membutuhkan uang untuk makan dan menghidupi keluarga.

Hal itu membuat Iwan Bule tidak ingin melarang setiap pemain untuk mengikuti turnamen atau pertandingan antarkampung (tarkam) yang diadakan di setiap daerah.

Namun bila nantinya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 sudah berjalan, barulah ia akan memberikan larangan bagi setiap pemain karena bisa membuat mereka cedera.

"Kami hanya bisa mengimbau. Mereka kan memang butuh pekerjaan, butuh makan," kata Iwan Bule dilansir dari Antara.

Saat ini PSSI masih berupaya keras demi mendapatkan izin dari pihak kepolisian agar kompetisi bisa segera bergulir kembali. Hal itu sangat penting untuk menghidupkan kembali pendapatkan pemain, pelatih, wasit dan pihak lain yang bergantung kepada sepak bola.

"Oleh karena itu, kami terus berusaha agar liga bisa bergulir lagi. Mudah-mudahan Polri bisa memberikan izinnya," ujar Iwan Bule.

Tidak adanya kompetisi hampir satu tahun membuat timnas Indonesia terkena imbasnya. Kini kondisi fisik timnas Indonesia U-23 yang sedang menjalani pemusatan latihan persiapan SEA Games 2021 membuat Shin Tae-yong geleng-geleng kepala.

Shin Tae-yong sangat prihatin dengan bobroknya kondisi stamina pemain timnas Indonesia U-23. Padahal, PSSI memberikan target berat kepada skuat Garuda agar bisa membawa pulang medali emas SEA Games 2021 di Vietnam.