Liga Inggris

De Gea Cuma Nomor 5, Deretan Kiper Liga Inggris dengan Blunder Terbanyak di 5 Musim Terakhir

Jumat, 12 Februari 2021 19:01 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© ANTHONY DEVLIN/AFP via Getty Images
Meski dinilai kerap blunder, David de Gea hanya berada di posisi 5 di daftar kiper Liga Inggris dengan blunder terbanyak 5 musim terakhir. Siapa yang nomor 1? Copyright: © ANTHONY DEVLIN/AFP via Getty Images
Meski dinilai kerap blunder, David de Gea hanya berada di posisi 5 di daftar kiper Liga Inggris dengan blunder terbanyak 5 musim terakhir. Siapa yang nomor 1?

INDOSPORT.COM – Meski dinilai kerap blunder, David de Gea hanya berada di posisi 5 di daftar kiper Liga Inggris dengan blunder terbanyak 5 musim terakhir. Siapa yang nomor 1?

Diboyong dari Atletico Madrid pada musim panas 2011, David de Gea langsung menjadi pilihan utama di sektor penjaga gawang Manchester United.

Sempat kesulitan di periode awal, de Gea perlahan-lahan membuktikan kepantasannya menjadi andalan. Memasuki musim kesepuluh, ia telah tampil 431 kali untuk Manchester United dan mencetak 152 cleansheet.

Meski demikian, performanya mulai menurun di dua musim terakhir ini. Terbaru, ia dinilai menjadi penyebab 2 gol Everton sehingga Setan Merah harus puas dengan hasil imbang 3-3 meski sudah unggul 2-0.

Akibatnya, di laga terbaru Manchester United menghadapi West Ham di Piala FA, David de Gea diistirahatkan. Di laga itu, Dean Henderson menjadi kiper utama dan sukses mencatatkan cleansheet untuk membantu MU menang 1-0.

Namun meski dinilai kerap melakukan blunder, David de Gea hanya menempati peringkat 5 dalam daftar kiper Liga Inggris yang paling sering membuat kesalahan yang berujung gol lawan sepanjang 5 musim terakhir, seperti dirilis laman MyKhel. Lantas, siapakah yang nomor 1?

Berikut daftar kiper dengan blunder berujung gol terbanyak, sejak awal musim 2016/2017.

5. David de Gea (9 blunder)

Meski mulai menurun di 2 musim terakhir ini, posisi David de Gea di daftar ini sedikit terbantu oleh performanya di musim-musim sebelumnya. Akibatnya, jika dihitung sejak awal musim 2016/2017, ia hanya mencatatkan 9 kesalahan yang berakhir dengan gol bagi tim lawan.

Secara total, selama 10 musim membela Manchester United sejak diboyong dari Atletico Madrid pada Juni 2011, kiper Spanyol itu mencatatkan 152 cleansheet dari 431 pertandingan di semua kompetisi, dan kebobolan 452 kali.

4. Martin Dubravska (9 blunder)

Sejak didatangkan dari Sparta Praha pada Januari 2018, Martin Dubravska langsung menjadi kiper utama Newcastle United. Penampilan gemilangnya menjadi salah satu kunci Newcastle lolos dari degradasi meski penampilan mereka terbilang pas-pasan.

Meski demikian, hanya dalam tempo 3 tahun sejak kedatangannya, Martin Dubravksa sudah mencatatkan 9 kesalahan yang berujung gol bagi lawan. Jumlah itu sama dengan koleksi David de Gea, meski kiper MU itu melakukannya dalam periode 5 musim.