In-depth

Emile Smith Rowe, Calon Pemilik Nomor 10 Arsenal Musim Depan

Jumat, 12 Februari 2021 18:01 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Images
Nomor punggung 10 di Arsenal lowong seiring kepergian Mesut Ozil. Emile Smith Rowe pun dinilai menjadi sosok yang paling tepat mengenakannya musim depan. Copyright: © Getty Images
Nomor punggung 10 di Arsenal lowong seiring kepergian Mesut Ozil. Emile Smith Rowe pun dinilai menjadi sosok yang paling tepat mengenakannya musim depan.

INDOSPORT.COM – Nomor punggung 10 di Arsenal lowong seiring kepergian Mesut Ozil. Emile Smith Rowe pun dinilai menjadi sosok yang paling tepat mengenakannya musim depan.

Mengawali musim kedelapan di Arsenal dengan dibekukan dari skuat, Mesut Ozil akhirnya hengkang dari The Gunners di bursa transfer Januari kemarin. Manajemen klub dan sang pemain sepakat memutus kontraknya yang masih tersisa 6 bulan, sehingga Ozil bisa pindah ke Fenerbahce dengan gratis.

Kepergian Mesut Ozil pun membuat nomor punggung 10 di skuat The Gunners musim ini menjadi kosong. Sejumlah sosok pun digadang akan memakai nomor keramat itu musim depan. Namun, satu nama menjadi kandidat utama, yakni bintang muda Emile Smith Rowe.

Memasuki musim ketiga sejak debutnya di tim utama Arsenal, Emile Smith Rowe mengawali musim ini dengan berat. Ia mengalami cedera bahu dan pemulihan yang cukup lama, sehingga tak terlibat di tim hingga November 2020.

Penampilan pertamanya untuk tim utama Arsenal musim ini baru terjadi pada 26 November 2020, ketika menghadapi Molde di matchday 4 Liga Europa. Masuk di 15 menit terakhir, ia tampil baik dengan mencetak 1 assist untuk membawa The Gunners menang 3-0.

Performa itu membuatnya kembali diberi kesempatan di dua laga berikutnya di Liga Europa. Emile Smith Rowe pun kembali tampil apik dengan mencetak 1 gol dan 1 assist di kedua laga itu.

Penampilan apik di Liga Europa, serta tingginya kebutuhan tim akan gelandang kreatif seiring dibekukannya Mesut Ozil, membuat Mikel Arteta kemudian memberinya kesempatan tampil di Liga Inggris.

Menjalani pertandingan pertama di Liga Inggris musim ini saat menghadapi Chelsea, Smith Rowe lagi-lagi tampil memukau. Ia mencetak 1 assist untuk membantu Arsenal menang 3-1.

Istimewanya, hasil itu mengakhiri rangkaian 7 laga tanpa kemenangan yang dialami The Gunners di Liga Inggris. Akibatnya, sejak saat itu ia selalu dimasukkan ke dalam starting XI untuk mengisi posisi sebagai gelandang serang.

Secara total, musim ini Emile Smith Rowe mencatatkan 14 penampilan di semua kompetisi untuk Meriam London, dan menyumbangkan 2 gol serta 5 assist. Penampilan gemilangnya membuatnya dipandang pantas mengenakan nomor punggung 10 yang ditinggalkan Ozil.

Dukungan untuk itu pun datang dari sesama pemain muda Arsenal, Bukayo Saka. Seperti diketahui, koneksi Saka dan Smith Rowe menjadi senjata baru The Gunners musim ini, dengan 3 dari 5 gol Saka di Liga Inggris tercipta lewat assist Smith Rowe.

“Dia (Emile Smith Rowe) menempatkan diri dengan sempurna di tim utama. Dia sabar menunggu kesempatan, dan saya rasa dia layak mendapatkannya. Dia mengambil kesempatan itu dan menunjukkan dampak yang bisa dia berikan kepada tim,” kata Saka dilansir Fooball London.

Menjalani musim penuh pertama di Arsenal setelah dua musim sebelumnya dipinjamkan ke Huddersfield dan RB Leipzig, Emile Smith Rowe memang tampak percaya diri dan tampil tanpa beban.

Kehadirannya pun terbukti memberikan kreativitas yang hilang sejak awal musim ini seiring absennya Ozil, dan membantu meningkatkan produktivitas gol Arsenal.

Terbukti, dalam 9 laga terakhir The Gunners di Liga Inggris ketika Smith Rowe bermain, Arsenal meraih 5 kemenangan dan 2 seri, serta mencetak 15 gol. Padahal, dari 14 laga sebelum itu, Pierre-Emerick Aubameyang dkk hanya bisa meraih 4 kemenangan dan mencetak 12 gol.

Dengan usianya yang baru 20 tahun, penampilan gemilang yang ditunjukkan sejauh ini, dan fakta bahwa ia merupakan alumni akademi The Gunners, Emile Smith Rowe diyakini akan terus menjadi andalan hingga satu dekade ke depan.

Meski The Gunners masih memburu gelandang kreatif lain di musim panas nanti seperti Emiliano Buendia dan Jack Grealish, Emile Smith Rowe sudah membuktikan dirinyalah yang pantas mengenakan nomor punggung 10 warisan Mesut Ozil pada musim depan nanti.