Liga Indonesia

Wonderkid Persebaya Buka Peluang Susul Brylian Aldama Gabung Tim Eropa

Sabtu, 13 Februari 2021 13:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Wonderkid Persebaya Surabaya yang tergabung dalam Program Garuda Select 3, Fernando Pamungkas, berpeluang menyusul Brylian Aldama. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Wonderkid Persebaya Surabaya yang tergabung dalam Program Garuda Select 3, Fernando Pamungkas, berpeluang menyusul Brylian Aldama.

INDOSPORT.COM - Wonderkid Persebaya Surabaya yang tergabung dalam Program Garuda Select 3, Fernando Pamungkas, berpeluang menyusul Brylian Aldama dan bergabung dengan tim sepak bola Eropa.

Fernando Pamungkas menjadi salah satu pemain yang kembali dipanggil mengikuti Program Garuda Select 3, setelah ia tampil apik di musim kedua dan menuai pujian dari pelatih Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.

Musim 2020 lalu, pemain yang akrab disapa Nando itu tampil di sepuluh pertandingan Garuda Select. Nando menjadi salah satu andalan di lini tengah dalam formasi 4-3-3 bersama David Maulana dan Brylian Aldama.

Di sisi lain, Brylian Aldama yang notabene juga pemain jebolan Persebaya Surabaya, sudah mengikat kontrak dengan agensi pemain di Eropa, dan dalam waktu dekat akan bermain untuk tim Kroasia, HNK Rijeka.

Sementara David Maulana juga dikabarkan tengah diproyeksikan oleh klubnya di Liga 1, Barito Putera, untuk bermain di luar negeri, menyusul Bagus Kahfi yang terlebih dahulu bergabung dengan klub Belanda, FC Utrecht.

Kiprah para pemain senior di Garuda Select akhirnya menggugah Fernando Pamungkas untuk turut serta melebarkan sayap hingga ke luar negeri, khususnya di Eropa, namun juga menjadi andalan di Timnas Indonesia.

"Garuda Select adalah jalan yang sangat berharga untuk berkarier di Eropa, terbukti dengan Bagus yang baru bergabung dengan FC Utrecht dan Brylian yang akan bergabung bersama HNK Rijeka di Kroasia," ujar Nando.

"Saya bersyukur karena selama mengikuti Garuda Select, saya juga merasakan perkembangan di kehidupan sehari-hari. Hidup di luar negeri jauh dari keluarga membuat saya menjadi lebih mandiri dan percaya diri," tambah pemain 17 tahun itu.

"Saya ingin bisa menjadi seperti mereka (Brylian Aldama dan Bagus Kahfi), bermain di klub Eropa dan memperkuat Tim Nasional Indonesia," tutup Fernando Pamungkas.

Fernando Pamungkas dan 20 pemain muda asal Indonesia yang tergabung dalam skuat Garuda Select 3, saat ini tengah mengikuti pemusatan latihan intensif di Inggris, dan berlangsung hingga Mei 2021 mendatang.