Bola Internasional

Salip Malaysia, Indonesia Berpeluang Dapat Slot ke Liga Champions Asia

Selasa, 16 Februari 2021 20:04 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Isman Fadil
© CNNPhilipines
Salip Malaysia, Indonesia Berpeluang Dapat Slot ke Liga Champions Asia. Copyright: © CNNPhilipines
Salip Malaysia, Indonesia Berpeluang Dapat Slot ke Liga Champions Asia.

INDOSPORT.COM - Indonesia berpeluang mendapat slot otomatis ke Liga Champions Asia setelah menyalip Malaysia dalam MA (Member Association) Ranking Asia Timur.

Dilansir dari Footy Rankings, Indonesia saat ini tercatat berada di urutan ke-10 MA Ranking wilayah Asia Timur dengan raihan 24.952 poin.

Indonesia berada satu peringkat di atas Malaysia yang berada di urutan ke-11 dengan koleksi 22.055 poin. Situasi itu terjadi karena Indonesia berhasil mengumpulkan 9.145 poin dalam empat tahun terakhir.

Bila Indonesia mampu mempertahankan posisi tersebut, maka salah satu klub tanah air bisa mendapatkan tiket langsung ke Liga Champions Asia 2023 mendatang.

Kemudian untuk ajang Piala AFC 2023, Indonesia mendapatkan satu slot otomatis ke fase grup, kemudian satu slot dari play-off.

Pada musim 2021 ini Indonesia hanya memiliki dua jatah di ajang Piala AFC saja yang akan diwakili oleh Bali United dan Persipura Jayapura. Padahal di Liga Champions Asia 2021, AFC memilih untuk menambah jumlah kontestan menjadi 40 klub.

Saat ini klub dari Asia Tenggara yang memiliki jatah langsung ke fase grup Liga Champions Asia 2021 yakni Thailand (2 slot), Filipina, Vietnam, Malaysia dan Singapura dengan masing-masing satu slot.