Liga Europa

Fakta dan Data Jelang Laga Red Star Belgrade vs AC Milan di Liga Europa

Kamis, 18 Februari 2021 17:56 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
AC Milan akan menjalani ujiannya di Liga Europa 2020/21 dengan bertandang ke markas raksasa Serbia, Red Star Belgrade (Crvena Zvezda), Jumat (19/02/21) dini hari WIB. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
AC Milan akan menjalani ujiannya di Liga Europa 2020/21 dengan bertandang ke markas raksasa Serbia, Red Star Belgrade (Crvena Zvezda), Jumat (19/02/21) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - AC Milan akan menjalani ujiannya di Liga Europa 2020/21 dengan bertandang ke markas raksasa Serbia, Red Star Belgrade (Crvena Zvezda), Jumat (19/02/21) dini hari WIB.

AC Milan telah ditunggu lawan berat di babak 32 besar yakni Red Star Belgrade. Disebut lawan berat karena tim berjuluk Crveno-Beli ini terkenal kerap merepotkan tim-tim mapan Eropa lainnya.

Red Star Belgrade boleh cuma jadi runner up babak grup Liga Europa 2020/21. Berbeda dengan AC Milan yang menjadi juara grup.

Di Liga Europa musim 2020/21 ini, Red Star Belgrade dikenal sebagai salah satu tim yang punya lini depan tajam dan pertahanan solid. Hal ini cukup berbahaya bagi AC Milan yang memang ingin berbicara banyak di kompetisi ini.

Red Star Belgrade mampu mencetak sembilan gol yakni terbanyak kelima di Liga Europa dan kebobolan hanya empat gol atau paling sedikit kedua di ajang ini.

Selain itu, di kancah domestik Red Star Belgrade begitu superior di mana mereka belum terkalahkan dalam 21 laga dengan mengoleksi 59 poin hasil dari 19 kemenangan dan dua kali imbang.

Berikut ini telah kami rangkum sejumlah fakta dan data laga antara Red Star Belgrade vs AC Milan di Liga Europa. 

1. Bukan Musuh Baru

Red Star Belgrade bukanlah lawan baru bagi AC Milan di kancah Eropa. Red Star adalah satu-satunya wakil Serbia yang pernah jumpa Milan di laga resmi internasional. 

Total, kedua tim telah bertarung sebanyak empat kali yang semuanya terjadi di Liga Champions. Dari empat pertemuan itu, Milan belum pernah kalah dengan meraih 2 kemenangan dan 2 hasil imbang. 

Pertemuan pertama mereka terjadi di putaran kedua Piala Champions musim 1988/89, Kala itu Milan ditahan imbang 1-1 di Beograd dan San Siro, namun akhirnya menang adu penalti. 

Pertemuan berikutnya terjadi pada babak kualifikasi Liga Champions 2006/07. AC Milan sukses menang dengan skor 1-0 dan 1-2 pada laga kandang dan tandang. 

2. Stankovic-Ibrahimovic

Ada fakta menarik dari pertemuan Red Star dan AC Milan. Saat ini Red Star dilatih oleh Dejan Stankovic, mantan pemain bintang Inter Milan. 

Stankovic membela Inter Milan pada periode 2004-2013. Sebagai pemain, ia pernah berhadapan dengan Milan sebanyak 26 kali dengan lebih banyak meraih kekalahan (13 kalah) serta mencetak 6 gol pada perjumpaan Serie A.

Menariknya, Dejan Stankovic merupakan mantan rekan bermain bomber utama AC Milan saat ini, Zlatan Ibrahimovic. Ibra dan Stankovic sama-sama berseragam Inter dari tahun 2006-2009. Keduanya turut merasakan tiga gelar scudetto. 

3. Rekor Kandang Red Star vs Tim Italia

Red Star Belgrade memiliki rekor kandang yang cukup buruk kala berjumpa tim-tim dari tanah Italia. Rekor kandang Red Star melawan tim dari Italia adalah menang 1 kali, seri 5 kali, dan kalah 4 kali.

Satu-satunya kemenangan yang mereka raih adalah saat menjungkalkan AS Roma 3-1 pada fase grup UEFA Cup 2005-2006. Selain itu, mereka selalu gagal menang kala berjumpa tim Italia seperti AC Milan dan Napoli di Beograd. 

Secara keseluruhan, Red Star Belgrade telah berjumpa sebanyak 21 kali melawan tim dari Italia dengan rekor 2 menang, 8 seri, dan 11 kalah (gol 15-27). 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%