Liga Inggris

Performa Buruk Kapten Manchester United Sepeninggal Sir Alex Ferguson

Kamis, 18 Februari 2021 10:06 WIB
Editor: Isman Fadil
© Alex Livesey/Getty Images
Kapten Manchester United, Harry Maguire. Copyright: © Alex Livesey/Getty Images
Kapten Manchester United, Harry Maguire.

INDOSPORT.COM - Pasca Sir Alex Ferguson pensiun pada akhir musim 2012/2013, Manchester United belum menemukan sosok kapten ideal.

Selain pelatih, peran seorang kapten mempunyai dampak besar baik di dalam maupun luar lapangan. Sepanjang perjalanannya, Manchester United memiliki sosok pemimpin yang kharismatik serta dihormati rekan setimnya.

Tercatat nama-nama besar pernah menjabat sebagai kapten Manchester United khususnya saat masih dilatih Sir Alex Ferguson, seperti Bryan Robson, Eric Cantona, Roy Keane, Rio Ferdinand, hingga Nemanja Vidic.

Namun setelah Sir Alex Ferguson, Manchester United seakan kehilangan sosok kapten sejati di lapangan. Kurangnya sosok pemimin merupakan salah satu faktor merosotnya klub yang ditangani oleh Ole Gunnar Solskjaer tersebut.

Lantas, siapa saja lima kapten Manchester United pasca era Sir Alex Ferguson dan bagaimana kiprah mereka?

Nemanja Vidic

Setelah Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013, Vidic tetap menjabat sebagai kapten Manchester United untuk satu musim lagi. Di bawah asuhan pelatih David Moyes, ia memainkan 34 pertandingan di semua kompetisi, tetapi usia dan cedera membuat penampilannya menurun.

Vidic tak bisa membantu Setan Merah meraih gelar. Setelah musim 2013/14, Vidic meninggalkan Manchester United untuk bergabung dengan Inter Milan.

Wayne Rooney

Setelah Vidic cabut, Wayne Rooney mendapat kehormatan menjadi kapten Manchester United. Di bawah asuhan pelatih Louis van Gaal, striker yang dijuluki 'White Pele' secara bertahap turun bermain di lini tengah. 

Perubahan posisi ini membuatnya tidak bisa mempertahankan performa impresifnya seperti sebelumnya. Saat Mourinho menjabat sebagai pelatih Manchester United, secara bertahap kehilangan tempat di skuat utama. 

Mantan pemain Timnas Inggris ini terpinggirkan saat Manchester United tampil di final Piala Liga dan Liga Europa. Di awal musim 2017/201818, Rooney kembali ke klub lamanya, Everton.

Michael Carrick

Carrick ditunjuk oleh pelatih Mourinho sebagai kapten pengganti Rooney. Namun, gelandang 1981 itu hanya tampil lima kali selama musim 2017/2018 bersama Manchester United.

Mantan gelandang Tottenham Hotspur itu didapuk sebagai penasehat Jose Mourinho di tim pelatih. Pada 2018, Carrick pensiun untuk beralih ke karier kepelatihan. Kini dia bekerja sebagai asisten Ole Gunnar Solskjaer.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%