Liga Inggris

Mengenang Derby Merseyside Terdahsyat, Pelatih Liverpool Lalu Lengser

Sabtu, 20 Februari 2021 14:42 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Mengenang Derby Merseyside terdahsyat 30 tahun lalu antara Liverpool dan Everton. Copyright: © Getty Images
Mengenang Derby Merseyside terdahsyat 30 tahun lalu antara Liverpool dan Everton.

INDOSPORT.COM - Duel Derby Merseyside Liga Inggris antara Liverpool vs Everton akan tersaji di Anfield, pada hari Minggu (21/02/21) dini hari WIB.

Mempertemukan dua rival sekota yang sejatinya ‘bertetetangga’ pun membuat tensi permainan Derby Merseyside selalu panas dan sengit, namun di sisi lain juga menyimpan keunikannya tersendiri.

Tidak perlu heran apabila ada satu keluarga yang terpecah menjadi dua kubu saat menonton Derby Merseyside. Hal ini merupakan hal wajar dan orang-orang di Kota Liverpool juga sangat menikmati rivalitas spesial ini.

Derby Merseyside sendiri merupakan duel paling legendaris yang terjadi di kancah sepak bola Inggris. Rivalitas Liverpool dan Everton, dimulai dari sosok pria bernama John Houlding, presiden pertama The Toffees.

Akan tetapi, hubungannya dengan para petinggi Everton lalu memburuk usai menaikkan tarif sewa Anfield Road yang dimilikinya. Si biru pun akhirnya pindah ke Goodison Park yang hanya berjarak dekat saja, sekitar 1,4 km.

Houlding pun kemudian mendirikan klubnya sendiri, Liverpool FC, yang bertemu untuk pertama kalinya dengan Everton pada pada 13 Oktober 1894, yang mana dimenangkan oleh The Toffess dengan skor 3-0.

Setelah itu, rivalitas kedua klub pun terus berkembang, menembus ruang dan waktu. Sudah banyak laga hebat yang tercipta sepanjang sejarah Derby Merseyside baik saat era klasik maupun era modern.

Salah satunya yang terdahsyat mungkin terjadi pada 20 Februari 1991 di replay pertama putaran kelima Piala FA. Pertandingan digelar di Goodison Park dan berakhir dengan skor 4-4.

Saat itu, empat gol Liverpool diciptakan oleh Ian Rush, Peter Beardsley (brace), dan John Barnes. Bak perjalanan panjang tiada akhir, hasil ini pun memaksa kedua tim memainkan laga replay kedua satu pekan kemudian.

Akhirnya, sosok pemenang pun ditemukan. Everton berhasil melaju ke fase selanjutnya setelah mengalahkan Liverpool 1-0 pada 27 Februari 1991.