Liga Inggris

Asal-usul Julukan Setan Merah untuk Manchester United

Minggu, 21 Februari 2021 21:00 WIB
Editor: Isman Fadil
© Manchester United
Momen Manchester United menjuarai Piala Dunia Klub usai mengalahkan LDU Quito di final, 21 Desember 2008. Copyright: © Manchester United
Momen Manchester United menjuarai Piala Dunia Klub usai mengalahkan LDU Quito di final, 21 Desember 2008.

INDOSPORT.COM - Manchester United dikenal memiliki julukan The Red Devils atau Setan Merah dari Manchester. Tapi julukan tersebut bukan satu-satunya yang tersemat di MU.

Menurut Goal Internasional, di masa-masa awal klub berdirinya pada 1878, Manchester United dijuluki sebagai "The Heathens". Saat itu, MU masih bernama Newton Heath LYR Football Club.

Mereka mengubah nama menjadi Manchester United pada tahun 1902 sebagai bagian dari pertukaran merek dagang, ketika "United" menjadi nama yang populer di Inggris.

Pada tahun 1945, ketika Sir Matt Busby menjadi pelatih, dia memberikan kesempatan kepada sederet pemain muda tampil di tim utama, yang menyebabkan Manchester United dijuluki "Busby Babes" oleh media.

Namun, pada tahun 1958, setelah bencana Munich merenggut nyawa 23 orang dan delapan pemain termasuk Geoff Bent, Roger Byrne, Eddie Colman, Duncan Edwards, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor dan Billy Whelan, julukan "Busby Babes" tidak lagi relevan dan dihilangkan.

Kemudian, Sir Matt Busby terinspirasi oleh Salford, klub rugby Inggris yang pergi ke Prancis untuk pertandingan persahabatan di tahun 1930-an.