Bola Internasional

Kualifikasi Piala Dunia: UEA Bisa Untung Besar, Timnas Indonesia dan Vietnam Dirugikan

Selasa, 23 Februari 2021 17:35 WIB
Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Asia (AFC) akan menunjuk tuan rumah sentralisasi sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Uni Emirat Arab (UEA) berpeluang besar jadi tuan rumah Grup G yang juga diisi oleh Timnas Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Menurut media Malaysia, Metro, negara perwakilan Grup G khususnya dari Asia Tenggara akan menghadapi kerugian besar jika mereka harus bertanding di UEA pada Juni 2021. Cuaca musim panas di negara Timur Tengah tergolong ekstrim dengan aktivitas olahraga outdoor.

Berdasarkan data dari meteorologi tahun lalu, suhu di UEA bisa mencapai 43 derajat Celcius pada 14 Juni 2020. Suhu tertinggi keesokan harinya bulan Juni juga berada di level stabil sekitar 40 derajat Celcius.

AFC baru akan menunjuk tuan rumah sentralisasi sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada 15 maret mendatang. 

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengaku lebih memilih Thailand atau Vietnam ketimbang UEA untuk menjadi tuan rumah Grup G. Menurutnya, cuaca panas di kawasan Timur Tengah cuma menguntungkan UEA.

"Melihat sisa pertandingan di kualifikasi ini, jika saya bermain di UEA, para pemain saya mungkin akan bermasalah. Suhu tidak normal dan tidak mudah bagi tim untuk beradaptasi dengan cepat. Namun, itu keputusan AFC," kata Tan Cheng Hoe.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%