Liga Indonesia

3 Faktor Gelaran Piala Menpora Seperti Dipaksakan

Jumat, 26 Februari 2021 18:44 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Ilustrasi Piala Menpora 2021. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Ilustrasi Piala Menpora 2021.

INDOSPORT.COM - Kabar baik datang dari dunia olahraga Tanah Air, dimana publik akan kembali disuguhkan hiburan pertandingan sepak bola yang selama ini mati suri akibat pandemi virus corona.

Bukan kompetisi Liga 1 yang akan berlanjut, melainkan adanya turnamen pramusim yang digagas oleh PSSI dan PT LIB dengan nama turnamen Piala Menpora.

Hal tersebut tentu menjadi angin segar bagi publik, yang sudah lama merindukan tontonan persaingan antar tim sepak bola dalam negeri karena sudah tertenti sejak Maret 2020 lalu.

Akibat dari adanya pandemi Covid-19 yang membuat pemerintah dan juga pihak kepolisian tidak memberikan izin pertandingan, demi menekan angka kasus covid-19 yang terus meningkat.

Piala Menpora sendiri rencananya akan digelar mulai 20 Maret mendatang hingga 25 April. Pesertanya adalah 18 klub Liga 1 dan dua klub Liga 2.

"Ketua Umum PSSI sudah meminta izin untuk memakai nama Menpora buat nama turnamen pramusim. Saya tidak tahu pertimbangan PSSI dan PT LIB, tetapi sekarang ini suasananya tidak normal, kalau dulu kan suasana normal," kata Menpora Zainudin Amali, Kamis (18/2/2021).

"Mungkin saja tujuan PSSI memberi titel itu supaya kami (Kemenpora) ikut terlibat memantau, mengevaluasi apalagi sekarang izin tidak mudah untuk kita dapatkan karena situasi COVID-19 ini," ujarnya menambahkan.

Amali setuju-setuju saja dengan usulan Iriawan. Kebetulan ia juga mau ikut terlibat dalam pengawasan jalannya turnamen ini.

Dimana suporter tidak diperkenankan datang ke stadion dan para pemain serta perangkat pertandingan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sayangnya, rencana yang belum matang namun sudah siap untuk digelar membuat turnamen Piala Menpora 2021 ini terkesan dipaksakan. Apalagi melihat beberapa hal berikut ini: