Liga Spanyol

Kisah Aitor Elizegi Memadukan Gastronomi dan Sepak Bola di Athletic Bilbao

Jumat, 26 Februari 2021 16:59 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Aitor Elizegi adalah sosok unik di LaLiga Spanyol. Berlatar belakang koki, kini ia memimpin salah satu klub bersejarah yakni Athletic Bilbao sebagai presiden. Copyright: © David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Aitor Elizegi adalah sosok unik di LaLiga Spanyol. Berlatar belakang koki, kini ia memimpin salah satu klub bersejarah yakni Athletic Bilbao sebagai presiden.

INDOSPORT.COM - Aitor Elizegi adalah sosok unik di LaLiga Spanyol. Berlatar belakang koki, kini ia memimpin salah satu klub bersejarah yakni Athletic Bilbao sebagai presiden.

Kompetisi LaLiga Spanyol seolah identik dengan dua klub raksasa, Real Madrid dan Barcelona. Hal ini terbilang wajar mengingat kedua klub tersebut merupakan penguasa kompetisi tersebut, dengan Los Blancos mengoleksi 44 gelar dan Blaugrana 24 gelar.

Meski demikian, di luar kedua klub tersebut, ada pula klub-klub lain yang memiliki sejarah yang tak kalah besar, salah satunya Athletic Bilbao.

Dalam hal perolehan trofi LaLiga Spanyol, Athletic Bilbao berada di tempat keempat di bawah Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid dengan 8 trofi. Selain itu, Bilbao juga merupakan satu-satunya tim di luar Madrid dan Barca yang belum pernah terdegradasi dari kasta tertinggi LaLiga.

Aitor Elizegi terpilih sebagai presiden klub sejak Desember 2018 lalu, menggantikan Josu Urrutia. Terpilihnya Elizegi pun terbilang menarik mengingat pria berusia 54 tahun ini sebelumnya lebih dikenal sebagai pengusaha di bidang gastronomi.

Apalagi, pesaingnya ketika itu adalah Alberto Uribe-Echevarría yang merupakan salah satu pengurus klub di bawah Urrutia.

Elizegi sendiri merupakan koki dan juga pemilik sejumlah restoran. Ia sempat memenangi Kejuaraan Koki Spanyol pada 1988 dan menjadi pengusaha restoran terbaik di ajang Penghargaan Gastronomi Basque tahun 2000 lewat restorannya, Gaminiz.

Dunia gastronomi yang lebih dulu ditekuni Aitor Elizegi tentunya sangat berbeda dengan sepak bola. Namun, pria yang terpilih menjadi presiden klub sejak Desember 2018 ini berhasil memadukannya dengan baik.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%