In-depth

Dilema Ole Gunnar Solskjaer, Pilih De Gea atau Dean Henderson

Jumat, 26 Februari 2021 17:43 WIB
Editor: Isman Fadil
© Richard Heathcote/Getty Images
Dua kiper Manchester United, Dean Henderson dan David De Gea. Copyright: © Richard Heathcote/Getty Images
Dua kiper Manchester United, Dean Henderson dan David De Gea.

INDOSPORT.COM - Memilih antara David De Gea atau Dean Henderson sebagai kiper nomor satu Manchester United bukanlah keputusan mudah bagi Ole Gunnar Solskjaer. Keduanya dianggap sebagai penjaga gawang terbaik di Liga Inggris saat ini.

Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah media Inggris memberitakan bahwa Dean Henderson ingin meninggalkan Manchester United. Penjaga gawang Timnas Inggris mulai dikaitkan dengan Tottenham Hotspur dan West Ham United.

Terus menjadi pelapis David De Gea membuat Dean Henderson siap meninggalkan Old Trafford jika tak punya kesempatan menjadi kiper nomor satu Manchester United musim depan.

Dea Gea adalah kiper utama Manchester United hampir 10 tahun terakhir. Sedangkan bakat Henderson masih terlalu bagus jika hanya menjadi pemain cadangan. Antara postur, pengalaman, dan kematangan De Gea serta hasrat dari Henderson, membuat pelatih Ole Gunnar Solskjaer harus memilih. 

De Gea memainkan 28 pertandingan di Liga Inggris dan Liga Champions. Sementara Henderson sudah melakoni 10 pertandingan, termasuk dua di Liga Inggris.

Ketika De Gea mengalami cedera, Solskjaer akan menurunkan Henderson di Liga Inggris. Mantan kiper Sheffield United ini lebih diprioritaskan di ajang turnamen domestik.

Solskjaer pernah mengatakan dirinya sangat bahagia karena memiliki dua penjaga gawang papan atas di Liga Inggris. Padahal banyak orang mengaggap Manchester United terlalu mubazir jika membiarkan Henderson terus menjadi pelapis.

Dalam dua musim terakhir, ada banyak pergunjingan mengenai De Gea. Kiper Timnas Spanyol itu dinilai mengalami penurunan performa yang cukup signifikan.

Legenda Manchester United, Paul Scholes, ikut mengkritik kinerja De gea. Menurutnya, penjaga gawang asal Spanyol itu telah menjadi problem nyata di Setan Merah.

"De Gea sekali seringkali menangani situasi dengan lalai. Dia adalah masalah MU yang sebenarnya<" ujar Scholes dikutip dari Goal Internasional.