Bola Internasional

Prediksi Ligue 1 Prancis: Marseille vs Lyon, Derby Olympics yang Tak Lagi Panas

Minggu, 28 Februari 2021 02:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© PHILIPPE DESMAZES/GETTYIMAGES
Selebrasi para pemain Lyon, usai Lucas Tousart berikan keunggulan di babak pertama atas Juventus dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg 1 babak pertama. Copyright: © PHILIPPE DESMAZES/GETTYIMAGES
Selebrasi para pemain Lyon, usai Lucas Tousart berikan keunggulan di babak pertama atas Juventus dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg 1 babak pertama.

INDOSPORT.COM – Berikut prediksi pertandingan Liga Prancis antara Marseille vs Lyon pada Senin (1/3/21) dini hari WIB, laga bertajuk derby Olympics yang tak lagi panas bagi kedua kesebelasan.

Bertanding di stadion Velodrome, tim Olympique Marseille bakal menghadapi rival yang juga menggunakan nama Olympique didepannya yakni Lyonnais atau biasa disebut Lyon.

Berkaca pada statistik beberapa pertemuan terakhir kedua tim, derby Marseille vs Lyon sendiri sejatinya tidak terlalu panas jika dibandingkan dengan duel sengit lain di Liga Prancis seperti Derby Rhone-Alpes antara Lyon dengan Saint-Etienne.

Bahkan jika dilihat, Olympique Marseille sebagai klub yang lebih muda terlihat tak mampu menggeser dominasi Lyon saat keduanya bertemu.

Pada musim 19/20 lalu, Olympique Marseille berhasil menang 2-1 atas Lyon di Velodrome dalam lanjutan pekan 13 Ligue 1. Itu merupakan kemenangan pertama buat Marseille sejak musim 13/14.

Artinya, Olympique Marseille pernah gagal menumbangkan Lyon di Ligue 1 dalam tujuh musim beruntun. Sebuah gambaran yang menjelaskan betapa adikuasanya Lyon atas Marseille.

Walau secara statistik duel Marseille vs Lyon kurang begitu menarik, namun persaingan sengit justru terlihat dari sisi materi pemain. Di mana Lyon yang finish satu tingkat lebih baik pada musim 17/18 lalu, hanya bisa mengirimkan satu pemain ke skuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2018.

Berbeda dengan Olympique Marseille, tiga pemain mereka yakni Steve Mandanda, Adil Rami dan Florian Thauvin dapat panggilan Didier Deschamps untuk memperkuat skuad Les Bleus.

Akibat kejadian ini, beberapa kelompok fans Lyon pun merasa kecewa dan menganggap para pemain Olympique Marseille tak layak mengisi posisi di Timnas Prancis.

Pada musim ini, persaingan barisan pemain Marseille dan Lyon juga bakal lebih panas. Lyon yang bakal memaksimalkan para pemain muda seperti Lucas Paqueta, Houssem Aouar hingga Rayan Cherki, akan menghadapi bintang senior Marseille sekelas Dimitri Payet, Florian Thauvin, Arkadiusz Milik hingga Yuto Nagatomo.

Player to Watch

Dimitri Payet (Marseille)

Dengan kemungkinan absen Florian Thauvin akibat cedera, maka lini serang Marseille bakal bertumpu pada kecepatan Dimitri Payet yang berperan sebagai winger kiri.

Total dalam 27 pertandingan sejauh ini, pemain berusia 33 tahun tersebut berhasil mencetak 7 gol di semua ajang serta bertengger di top skor kedua klub setelah Florian Thauvin.

Memphis Depay (Lyon)

Sementara itu di kubu Lyon, sosok Memphis Depay bakal jadi andalan apalagi bintang asal Belanda tersebut tengah on fire usai mencetak satu gol dan satu assist di laga terakhir kontra Stade Brest.