Bola Internasional

Mengenang Gregoire Akcelrod, Penipu Ulung Sepak Bola selain Ali Dia

Minggu, 28 Februari 2021 13:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© instagram.com/gregoireakcelrod
Mantan pemain yang mengaku pernah membela PSG, Gregoire Akcelrod. Copyright: © instagram.com/gregoireakcelrod
Mantan pemain yang mengaku pernah membela PSG, Gregoire Akcelrod.

INDOSPORT.COM  - Jika menyebut nama penipu ulung di dunia sepak bola, semua orang sepakat akan menyebut nama Ali Dia. Namun, di belahan negara lain, ada pula penipu lainnya yang mengaku mantan pemain Paris Saint-Germain bernama Gregoire Akcelrod.

Kisah Ali Dia terbilang melegenda di dunia sepak bola. Pasalnya, ia bisa direkrut Southampton bermodalkan mengaku sebagai saudara dari eks AC Milan, George Weah.

Pada 1996, pelatih Southampton, Graeme Souness merekrutnya karena ditelepon Weah atau orang yang bukan pemain terbaik dunia tahun 1995 itu.

‘Weah’ ini menyebut Ali Dia sebagai sepupunya dan pernah bermain bagi Paris Saint-Germain serta memperkuat Timnas Senegal.

Singkat kata, bermodalkan kebohongan itu, Ali Dia direkrut Southampton dan melakukan debutnya pada November 1996 saat menghadapi Leeds United.

Keanehan terlihat karena Ali Dia digantikan di menit ke-86 karena kelelahan dan tampil buruk. Padahal ia masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Matt Le Tissier.

Keanehan juga terlihat karena Ali Dia tampil sangat buruk tak seperti yang dikatakan. Singkat cerita, Ali Dia kabur tanpa kabar dan kontraknya diputus setelah dua pekan bergabung Southampton.

Kisah ini sangat melegenda dan bahkan jadi bahan perbincangan di dunia sepak bola. Namun, kasus penipuan di dunia sepak bola lainnya pun pernah tercipta dan jarang mendapat sorotan.

Masih membawa nama besar Paris Saint-Germain, dunia sepak bola dikejutkan dengan kisah Gregoire Akcelrod, seorang pria asal Prancis.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%