Liga Indonesia

Pelaksanaan Piala Menpora Dinilai Mepet, Ini Penjelasan PT LIB

Rabu, 3 Maret 2021 19:45 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, buka suara soal jadwal penyelenggaraan Piala Menpora. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, buka suara soal jadwal penyelenggaraan Piala Menpora.

INDOSPORT.COM - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, memberikan tanggapan mengenai jadwal turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang dinilai cukup mepet oleh beberapa klub, salah satunya Persib Bandung.

Sebagai informasi, pelatih Persib, Robert Rene Alberts, menilai turnamen pramusim ini kurang ideal digelar pada 21 Maret 2021. Pasalnya, tim hanya memiliki waktu persiapan tiga pekan, padahal waktu ideal untuk persiapan sekitar enam sampai delapan pekan.

Apalagi, pemain sudah cukup lama tidak merasakan atmosfer pertandingan resmi, setelah kompetisi Liga 1 2020 dihentikan sejak pertengahan Maret lalu karena pandemi corona.

Akhmad Lukita menuturkan, pihaknya memiliki beberapa pertimbangan menggelar turnamen pramusim Piala Menpora 21 Maret hingga 25 April 2021.

"Bergulir 21 Maret. Ini sebetulnya masalah persiapan lagi, jadi kalau bicara persiapan ini persiapan ke Liga 1, kalau mau lebih matang memang idealnya lima minggu atau enam bulan, tapi kami diberi izin 18 Februari kemarin," kata Akhmad Lukita di Balai Kota Bandung, Selasa (02/03/21).

Selain itu, jika jadwal turnamen dimundurkan, misalnya menjadi bulan April maka terlalu dekat dengan libur lebaran. Oleh sebab itu, diharapkan jadwal yang sudah disiapkan ini, bisa selesai tepat waktu dan setelah itu tim bisa langsung fokus persiapan menghadapi kompetisi.

"Sementara kalau kita main dua bulan setelah itu akan kena lebaran, jadi tidak mungkin. Kita harapkan selesai (tepat waktu), setelah lebaran setelah itu baru mulai Liga 1," jelas Akhmad Lukita.