Liga Indonesia

Piala Menpora Dikritik IDI dan IPW, Begini Jawaban Tegas PT LIB

Kamis, 4 Maret 2021 13:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Fitra/INDOSPORT
Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. Copyright: © Fitra/INDOSPORT
Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

INDOSPORT.COM - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Indonesia Police Watch (IPW) dilaporkan mengkritik rencana digelarnya turnamen pramusim, Piala Menpora. Kedua organisasi itu menilai adanya kejuaraan itu bisa menciptakan cluster baru penyebaran Covid-19.

Menanggapi hal itu, operator Piala Menpora yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) lantas memberikan penjelasan. Direktur utama LIB, Akhmad Hadian Lukita menegaskan pihaknya telah merencanakan kegiatan tersebut secara detail dengan mengedepankan protokol kesehatan.

LIB menjamin tidak akan terjadi penyebaran atau peningkatan virus karena pertandingan digelar tanpa penonton. Akhmad Lukita mengambil contoh perhelatan kompetisi di Eropa bahkan Asia Tenggara yang menyesuaikan diri dengan situasi pandemi.

"Kami sudah merancang sedemikian rupa sehingga Piala Menpora tidak akan ada cluster baru. Seperti diketahui semua liga yang jalan di Eropa dan beberapa negara Asia, pemain yang kena covid terpapar di luar pertandingan (di cafe dsb)," kata Akhmad Lukita.

"Semua hal tentang protokol kesehatan sudah dipaparkan di otoritas pemerintah dan sudah direkomendasikan untuk bisa dijalankan dengan prokes (protokol kesehatan) yang sangat ketat," tegasnya.