In-depth

Duel Antarlini Atletico Madrid vs Real Madrid: Awas Termakan Counter Attack

Minggu, 7 Maret 2021 16:11 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Membedah duel perlini pertandingan Derby Madrid antara tuan rumah Atletico Madrid menghadapi Real Madrid, Minggu (07/03/21) malam WIB. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Membedah duel perlini pertandingan Derby Madrid antara tuan rumah Atletico Madrid menghadapi Real Madrid, Minggu (07/03/21) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Membedah duel perlini pertandingan Derby Madrid antara tuan rumah Atletico Madrid menghadapi Real Madrid, Minggu (07/03/21) malam WIB. 

Bertanding di Estadio Wanda Metropolitano, Atletico Madrid sebagai tuan rumah jalani partai sengit di pekan ke-26 Liga Spanyol musim ini dengan menghadapi tim sekota sekaligus juara bertahan LaLiga, Real Madrid.

Walau main di kandang sendiri, namun statistik mencatat bahwa Atletico Madrid masih kalah saing saat bertemu Real Madrid. Bahkan di pertemuan pertama musim ini, Atletico yang memuncaki klasemen harus menelan kekalahan dua gol tanpa balas dari El Real.

Selain jadi laga derby sekota, pertandingan Atletico Madrid vs Real Madrid juga jadi ajang kedua kesebelasan untuk memperbesar asar merengkuh gelar juara musim 20/21.

Atletico Madrid sampai pekan ke-26, kokoh di puncak klasemen Liga Spanyol dengan raihan 58 angka, berjarak lima poin dari Barcelona dan Real Madrid di urutan dua hingga tiga.

Dengan tambahan tiga poin pada pertandingan nanti, Atletico Madrid bisa memperbesar peluang menjadi juara lantaran memimpin delapan angka dari tim di bawahnya.

Lalu, kira-kira bagaimana kedua tim akan bertarung pada laga nanti? Berikut kami siapkan ulasan duel antarlini kedua tim. 

FORMASI

Atletico Madrid 3-4-3
Real Madrid 4-3-1-2

KIPER

Untuk posisi penjaga gawang, kedua tim bisa menurunkan kiper terbaik mereka. Kubu Atletico Madrid memiliki sosok Jan Oblak di bawah mistar gawang. 

Jan Oblak menjadi salah satu pemain kunci yang membawa Atletico Madrid ke persaingan juara Laliga Spanyol musim ini. Dari 24 laga LaLiga, ia baru kebobolan 16 gol dan sudah mencatatkan 12 clean sheet. 

Catatan ini adalah yang terbaik di antara kiper lain di Liga Spanyol musim ini. 

Sementara itu, jika Atletico punya Jan Oblak, maka Real Madrid akan mengandalkan Thibaut Courtois. Kiper asal Belgia ini menjadi andalan penuh Real Madrid di bawah mistar gawang.

Meski begitu, catatannya tak sebagus Jan Oblak. Dari 25 laga yang ia mainkan di LaLiga, Thibaut Courtois kebobolan 20 gol dan 'hanya' mencatatkan 11 clean sheet saja. 

BEK

Kedua tim memainkan formasi berbeda di laga ini. Atletico dengan 3-4-3, sementara Madrid dengan 4-3-1-2. 

Skema berbeda pun mereka terapkan di lini belakang. Pelatih Diego Simeone dari Atletico Madrid akan memainkan tiga bek, sedangkan Zinedine Zidane memainkan empat bek. 

Kubu tuan rumah bakal menempatkan tiga pemain mereka di lini belakang, yakni Savic (kiri), Hermoso (tengah), dan Felipe (kanan). Jika dibandingkan dengan Real Madrid, Atletico bukanlah tim yang agresif dalam menyerang.

Mereka lebih memilih menunggu di garis pertahanan dan melancarkan serangan balik. Untuk itu, bek mereka pun hanya fokus menjaga pertahanan. 

Sementara Madrid akan memainkan empat bek mereka, yakni Vazquez (kanan), Nacho (tengah), Varane (tengah), dan Mendy (kiri). Sayang, Sergio Ramos masih harus absen pada laga penting ini. 

Real Madrid asuhan Zidane begitu bergantung pada kinerja dua fullback mereka, Vazquez dan Mendy.