In-depth

5 Kandidat Kuat Pengganti Andrea Pirlo Usai Juventus Gagal di Liga Champions

Rabu, 10 Maret 2021 11:23 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Tersingkir menyakitkan di Liga Champions, Juventus pun berpeluang besar untuk menggantikan Andrea Pirlo dengan Zinedine Zidane. Copyright: © Getty Images
Tersingkir menyakitkan di Liga Champions, Juventus pun berpeluang besar untuk menggantikan Andrea Pirlo dengan Zinedine Zidane.

INDOSPORT.COM - Tersingkir menyakitkan di Liga Champions, Juventus pun berpeluang besar untuk menggantikan Andrea Pirlo dengan salah satu dari lima kandidat pelatih ini.

Juventus tersingkir secara dramatis dari Liga Champions usai kalah produktivitas gol tandang saat menjamu FC Porto di Stadion Allianz, Rabu (10/03/21) dini hari WIB pada leg kedua babak 16 besar. 

Agregat 3-3 membuat pertandingan berlanjut ke babak tambahan waktu dan laga pun makin memanas karena kedua tim sama-sama bernafsu mengamankan tiket untuk melaju ke perempatfinal.

Pasukan Andrea Pirlo pun dibuat terkejut karena Porto mencetak gol lebih dahulu di extra time yang mengubah kedudukan menjadi 2-2. Tak lama berselang, atau lebih tepatnya dua menit kemudian, Si Nyonya Tua berbalik unggul menjadi 3-2 lewat gol Adrien Rabiot. Namun gol itu tak cukup untuk menangkan Bianconeri.

Tersingkir dari Liga Champions tentu membuat nasib Andrea Pirlo selaku sang pelatih pun menjadi tidak aman karena gagal membawa timnya melanjutkan perjalanannya untuk meraih trofi gelar juara.

Pasalnya, Maurizio Sarri yang sebelumnya menjabat sebagai pelatih Si Nyonya Tua, berakhir dipecat usai gagal membawa Juve lolos dari babak 16 besar Liga Champions.

Jika jadi dipecat di akhir musim, lalu siapa-siapa saja kandidat pelatih yang berpeluang besar menggantikan Andrea Pirlo? Berikut ulasannya. 

1. Zinedine Zidane

© Alex Caparros/Getty Images
Zinedine Zidane di laga Barcelona vs Real Madrid Copyright: Alex Caparros/Getty ImagesZinedine Zidane di laga Barcelona vs Real Madrid

Nama pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, cukup layak dimasukkan ke kandidat pertama dalam daftar ini. Sudah sejak dua musim terakhir nama Zidane dikait-kaitkan dengan kursi kepelatihan Juventus. 

Namun, sampai saat ini legenda Timnas Prancis itu masih bertahan di klubnya, Real Madrid. Meski begitu, situasi tersebut bisa segera berubah akhir musim ini. 

Masa kepelatihan Zinedine Zidane di Real Madrid diliputi berbagai cobaan musim ini. Bisa dibilang, ini bukanlah musim terbaik Zidane di Real Madrid. 

Untuk itu, peluang Zidane untuk meninggalkan Stantiago Bernabeu pun semakin besar. Jika Juventus benar-benar berniat memperbaiki skuadnya, maka nama Zidane harus mereka masukkan ke dalam daftar kandidat pertama. 

Selain telah sukses mempersembahkan tiga trofi Liga Champions untuk Real Madrid, Zinedine Zidane juga memiliki ikatan khusus dengan Juventus. Seperti diketahi, Zizou merupakan mantan bintang Bianconeri pada akhir 90-an dan awal 2000-an. 

2. Erik ten Hag

© INDOSPORT
Erik Ten Hag, pelatih Ajax Amsterdam. Copyright: INDOSPORTErik Ten Hag, pelatih Ajax Amsterdam.

Liga Champions 2018-2019 nampaknya menjadi saat-saat gemilang ketika Ajax Amsterdam sukses mengejutkan dunia. Bagaimana tidak? Erik ten Hag selaku pelatihnya sukses membimbing skuad pemain muda dan meringsek ke babak semifinal.

Strategi dari pelatih asal Belanda ini ialah melakukan serangan terfokus dengan tujuan pasti mendominasi tim lawan. Itu bukan hanya kehebatan dari ten Hag, pasalnya ia berhasil melakukannya berkat ketelatenan membimbing pemain-pemain muda seperti Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, David Neres dan Donny van de Beek.

Gara-gara kegemilangannya itu pula para pasukan Ajax kini terpencar ke seluruh dunia dengan bergabung tim-tim besar dari liga berbeda, termasuk Matthijs de Ligt di Juventus. Meskipun Erik ten Hag punya tingkat loyalitas dengan Ajax Amsterdam, Juventus bisa saja mendapatkan jasanya jika mau memberikan penawaran besar.