In-depth

Jurgen Klopp Menolak, Ini Dia 5 Calon Pengganti Joachim Low di Timnas Jerman

Rabu, 10 Maret 2021 09:32 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Images
Joachim Low bakal mundur dari timnas Jerman usai gelaran Piala Eropa tahun ini. Berikut 5 calon penggantinya setelah Jurgen Klopp menyatakan menolak. Copyright: © Getty Images
Joachim Low bakal mundur dari timnas Jerman usai gelaran Piala Eropa tahun ini. Berikut 5 calon penggantinya setelah Jurgen Klopp menyatakan menolak.

INDOSPORT.COMJoachim Low bakal mundur dari timnas Jerman usai gelaran Piala Eropa tahun ini. Berikut 5 calon penggantinya setelah Jurgen Klopp menyatakan menolak.

Kabar mengejutkan datang dari timnas Jerman. Selasa (09/03/21) malam WIB, pelatih Joachim Low mengumumkan bahwa dirinya akan mundur dari jabatannya, usai gelaran Piala Eropa 2020 yang akan digelar pada musim panas ini.

Ini berarti pria 61 tahun itu akan mengakhiri masa kerjanya lebih cepat, mengingat ia sebenarnya dikontrak hingga musim panas 2022.

Joachim Low pertama kali menjabat sebagai pelatih timnas Jerman pada tahun 2006, menggantikan Jurgen Klinsmann. Sebelumnya, Low sudah bekerja di timnas sebagai asisten Klinsmann.

Lima belas tahun membesut tim Panser, Joachim Low sukses menghadirkan gelar Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi 2017.

Nama manajer Liverpool, Jurgen Klopp, santer disebut menjadi kandidat kuat pengganti Low. Namun pria yang sempat membesut Borussia Dortmund dan Mainz itu telah menyatakan penolakannya.

“Apakah saya tersedia di musim panas nanti? Tidak. Orang lain akan mengambil pekerjaan itu dan dengan banyaknya pelatih hebat di Jerman, saya yakin DFB akan menemukan solusi yang bagus,” tutur Klopp.

“Saya masih memiliki tiga tahun kontrak bersama Liverpool. Anda menandatangani kontrak, dan Anda terikat dengan itu.”

Dengan penolakan Klopp dan kegemaran DFB menunjuk pelatih asal Jerman, siapakah yang layak menggantikan Joachim Low membesut tim Panser? Berikut ini ulasannya:

Ralf Rangnick

Ralf Rangnick merupakan salah satu pelatih Jerman yang kenyang pengalaman. Ia pernah melatih sejumlah klub Bundesliga seperti Hannover, Schalke, dan Hoffenheim. Meski demikian, ia lebih dikenal berkat kesuksesannya menjadikan RB Leipzig tim papan atas.

Ralf Rangnick sendiri kini sedang tak melatih tim mana pun dan menjabat sebagai direktur teknik bagi Red Bull. Ia pun sempat menyampaikan keinginannya melatih lagi usai gagal membesut AC Milan. Ia bisa jadi pilihan tepat bagi DFB karena pernah bekerja sama dengan sejumlah bintang timnas Jerman.

Julian Nagelsmann

© Christina Pahnke - sampics/Corbis via Getty Images
Julian Nagelsmann, pelatih RB Leipzig. Copyright: Christina Pahnke - sampics/Corbis via Getty ImagesJulian Nagelsmann, pelatih RB Leipzig.

Meski baru berusia 33 tahun, Julian Nagelsmann kini menjadi salah satu pelatih yang sedang naik daun. Sempat membesut Hoffenheim, ia kini melatih RB Leipzig sejak 2019 dan sukses mempertahankan mereka di papan atas dan bahkan lolos ke semifinal Liga Champions musim lalu.

Julian Nagelsmann sempat dikaitkan dengan sejumlah klub top Eropa, tapi enggan meninggalkan RB Leipzig. Namun, tawaran dari timnas Jerman akan sulit ditolak. Dengan kemampuan taktikal yang bagus dan keahlian mengembangkan pemain muda, ia bisa menjadi pilihan yang tepat merevolusi Der Panzer.