Liga Indonesia

Fakta Menarik Duet "Tima", Predator Buas Papua Milik Muba Babel United

Sabtu, 13 Maret 2021 15:35 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Duet striker asal Papua, Titus Bonai dan Marinus Wanewar (Tima), di Muba Babel United pastinya bakal sangat dinanti. Kedua pemain punya histori yang menarik dan bakal disatukan dalam satu klub di Liga 2 2021.

Fakta pertama, Titus Bonai dan Marinus Wanewar sama-sama bersinar di timnas Indonesia U-23. Tibo lebih dulu tentunya. Namanya melejit kala turun di ajang SEA Games 2011 di bawah asuhan Rahmad Darmawan.

Penampilan Tibo begitu memukau dan konsisten. Duetnya dengan Patrich Wanggai, rekan tanah kelahirannya, Papua begitu fantastis.

Secara individu, skill, fisik dan naluri golnya sangat tinggi. Ia selalu menjadi starter dalam semua pertandingan di ajang SEA Games tanpa henti.

Cerita yang nyaris sama dengan juniornya Marinus Wanewar. Dia bahkan menyabet gelar top skor Piala AFF U-22 2019 dengan perolehan tiga gol bersama dua pemain lain, Saringkan Promsupa (Thailand) dan Tran Danh Trung (Vietnam).

Fakta kedua, Titus Bonai dan Marinus Wamewar (Tima) sama-sama berasal dari Papua. Telah bukan rahasia lagi jika pemain Papua punya stamina di atas rata-rata pemain lokal plus karakter ngotot dan tak kenal menyerah.

Fakta ketiga, Titus Bonai dan Marinus Wanewar sama-sama pernah membela raksasa Liga 1, yakni Persipura Jayapura, meski dalam periode berbeda.

Titus Bonai telah malang melintang di klub-klub besar seperti Borneo FC, Sriwijaya FC, PSM Makassar, Semen Padang, Persiram Raja Ampat, dan beberapa tim lainnya.

Tapi, Persipura yang merupakan tanah kelahiran dan tim besar, menjadi klub yang paling sering ia bela. Tibo tercatat sebagai striker andalan Mutiara Hitam itu pada musim 2010-2012, 2014, dan 2019.

Sementara Marinus Wanewar, pernah memperkuat Relic Christa, FC Den Bosch sebagai pinjaman dan terakhir Persipura Jayapura.