Liga Indonesia

Recovery Cepat, Ternyata Ini Rahasia Kebugaran Pasukan PSS Sleman

Rabu, 17 Maret 2021 23:26 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Media PSS Sleman
Suasana latihan PSS Sleman. Copyright: © Media PSS Sleman
Suasana latihan PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Penggawa PSS Sleman terus digeber dengan pola latihan fisik berat. Namun meski ditempa dengan latihan fisik berat, kondisi tubuh penggawa Pasukan Super Elang Jawa tetap terjaga dengan baik.

Ternyata, ada rahasia di balik cepatnya recovery para pemain PSS Sleman. Tim dokter dari klub memberikan treatment krioterapi untuk para penggawa Super Elang Jawa. Tujuannya, untuk mempercepat proses pemulihan fisik para pemain.

“Setiap dua hari sekali kita melakukan krioterapi. Ini adalah treatment berendam dengan air es yang suhunya mencapai 10-5 derajat Celcius. Tujuannya yaitu untuk recovery cepat para pemain,” jelas dokter PSS, Elwizan Aminuddin.

Saat berlatih pasti ada rasa letih atau capek. Diikuti otot yang sedikit sobek, itu kerusakan mikro. Tapi hal itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, normal saja. Rendaman air es akan mengatasi hal itu.

Usai terapi, waktu yang dibutuhkan para pemain untuk recovery biasanya hanya satu hari atau 1x24 jam saja. Setelahnya, mereka akan kembali pulih dan lebih baik seperti keadaan semula.