Bola Internasional

Sempat Kunjungi Tanah Air, 3 Pemain Keturunan Eropa Ini Masih Belum Perkuat Timnas Indonesia

Rabu, 17 Maret 2021 20:13 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Erwin Spek/Soccrates/Getty Images
Pemain Belanda keturunan Indonesia Darren Sidoel saat masih berseragam akademi Ajax Amsterdam. Copyright: © Erwin Spek/Soccrates/Getty Images
Pemain Belanda keturunan Indonesia Darren Sidoel saat masih berseragam akademi Ajax Amsterdam.

INDOSPORT.COM – Sempat menyambangi Tanah Air beberapa waktu lalu, tiga pesepak bola keturunan Eropa di luar negeri ini masih belum juga dapat panggilan Timnas Indonesia hingga sekarang. Siapa saja mereka?

Dalam beberapa dekade terakhir, memang banyak pemain keturunan Indonesia di Eropa sana yang tereksplor oleh media serta netizen Tanah Air.

Bahkan tidak sedikit dari pemain keturunan tersebut yang justru kepincut untuk memperkuat Timnas Indonesia, akibat dukungan para pecinta sepak bola dalam negeri.

Salah satu yang teranyar adalah Dion Markx, gelandang muda keturunan Palembang di Liga Belanda yang sempat taklukkan Juventus dan mengaku siap untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Mengutip wawancaranya dalam channel YouTube Yussa Nugraha, pemain berusia 15 tahun tersebut mengaku memiliki darah Indonesia yang berasal dari keluarga sang Ayah.

Lebih lanjut gelandang tim Vitesse ini mengatakan, bahwa dirinya tak menutup kemungkinan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia andai pihak federasi maupun pelatih mau menggunakan jasanya.

“Tentu ada juga Timnas Belanda, tapi aku belum dipanggil mereka. Jadi aku akan mengapresiasi panggilan dari Timnas Indonesia. Tapi untuk sekarang aku belum punya pilihan mau kemana (Belanda atau Indonesia),” ucap Dion Markx.

Jauh sebelum Dion Markx, sejumlah pemain Eropa keturunan Indonesia lain juga banyak yang menyatakan minat untuk memperkuat skuad Garuda. Bahkan beberapa sampai datang langsung ke Tanah Air.

Namun sayang, meski sudah menyatakan niat besar untuk berseragam Timnas dan mengunjungi Indonesia, tiga pemain berikut ini sampai sekarang justru belum mendapat panggilan dari pelatih tim Merah-Putih.

Lanta siapa sajakah mereka? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, 3 pemain keturunan Eropa yang sempat sambangi Indonesia namun belum terpanggil Timnas.

Sandy Walsh

© Peter De Voecht/Photonews via Getty Images
Pemain asal Belanda keturunan Indonesia Sandy Walsh. Copyright: Peter De Voecht/Photonews via Getty ImagesPemain asal Belanda keturunan Indonesia Sandy Walsh.

Pertama adalah Sandy Walsh, pemain berdarah Belgia-Belanda-Indonesia ini memang terus menyatakan minat untuk bisa memperkuat Timnas.

Bahkan dalam beberapa postingannya, pemain berusia 26 tahun ini kerap menggunakan bahasa Indonesia untuk membuktikan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Disebutkan, bahwa pada 2019 lalu Sandy Walsh pernah mengunjungi Indonesia dan mendatangi langsung kantor PSSI untuk mempertanyakan status naturalisasinya.

Namun sayang, hingga saat ini Sandy Walsh belum juga mendapat caps bersama Timnas. Melansir dari transfermarkt, diketahui bahwa Sandy Walsh musim ini sedang memperkuat KV Mechelen di kasta teratas Liga Belgia

Penampilan Sandy Walsh pun terbilang impresif. Total dari 21 pertandingan, dirinya berhasil menjaringkan tiga gol serta memberikan tiga assists buat rekannya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%