In-depth

5 Kandidat Pelatih yang Bisa Segera Tangani Persija Jakarta di Liga 1

Sabtu, 20 Maret 2021 15:37 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Alchetron
Nelson Baptista menjadi satu dari lima nama kandidat pelatih yang bisa segera tangani klub peserta Liga 1 2021, Persija Jakarta. Copyright: © Alchetron
Nelson Baptista menjadi satu dari lima nama kandidat pelatih yang bisa segera tangani klub peserta Liga 1 2021, Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Berikut ini kami rangkum lima nama kandidat pelatih yang bisa segera tangani klub peserta Liga 1 2021, Persija Jakarta.  

Jelang bergulirnya Piala Menpora 2021 pertengahan Maret ini, sejumlah tim peserta pun mulai lakukan perubahan untuk memperkuat timnya, tak terkecuali Persija Jakarta.

Sampai hari ini, tercatat bintang-bintang utama Persija telah bergabung untuk mematangkan persiapan. Mereka di antaranya adalah Marko Simic, Marco Motta, dan sederet pemain bintang lokal.

Persija juga kedatangan empat pemain baru. Mereka adalah Muhammad Reza Fauzan, Cahya Supriadi, Raka Cahyana Rizky, dan Muhammad Fajar Firdaus. 

Mungkin hanya Rohit Chand yang belum menampakan diri. Kabarnya, pemain asal Nepal itu masih terikat tanggung jawab untuk membela tim nasional. Meski begitu, Rohit tetap bagian dari Persija untuk musim ini. 

Kedatangan Yann Motta dan empat pemain lokal baru semakin menambah lengkap skuad Persija. Terutama di lini belakang yang dihuni 11 pemain. 

Namun, ada satu peran penting yang belum sepenuhnya terisi di Persija, yakni pelatih kepala. Seperti diketahui, Persija saat ini dibesut oleh Sudirman. 

Sudirman sendiri sebetulnya adalah asisten pelatih yang juga sempat bergabung dengan Persija. Macan Kemayoran menunjuk Sudirman sebagai langkah darurat untuk menggantikan Sergio Farias yang memilih untuk kembali ke Brasil. 

Meski sepak terjangnya belum terbukti, namun ada kemungkinan besar Persija bakal menunjuk nama pelatih kepala baru dengan rekam jejak lebih mumpuni jelang Liga 1. Untuk itu, berikut ini kami rangkum lima kandidat pelatih yang bisa segera tangani Persija. 

1. Simon McMenemy

Nama Simon McMenemy layak dimasukkan ke dalam daftar ini. Pelatih asal Skotlandia ini memiliki rekam jejak cukup baik di sepak bola Indonesia. 

SImon merupakan pelatih yang sukses membawa Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 edisi perdana tahun 2017. Bahkan, atas prestasinya itu, ia sampai didapuk menjadi pelatih Tim Nasional Indonesia. 

Namun apa daya, nasibnya di Timnas Indonesia tak sebagus di Bhayangkara. Simon McMenemy menelan lima kekalahan beruntun di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Tak lama dirinya langsung diberhentikan dari timnas. Meski begitu, bukan berarti ia pilihan yang buruk untuk Persija Jakarta. Sebab pengalaman Simon di level klub cukup meyakinkan. 

2. Nelson Baptista

Nama juru taktik asal Brasil, Nelson Baptista, pernah santer dikaitkan sebagai calon pelatih anyar Persija Jakarta untuk kompetisi Liga 1 2020. Namun, selepas mendepak Edson Tavarez, Persija akhirnya memilih mendatangkan Sergio Farias. 

Dengan mundurnya Sergio Farias, bukan tak mungkin Nelson Baptista kembali menjadi sasaran Persija Jakarta untuk kursi pelatih di musim 2021. 

Bagi pencinta sepak bola Tanah Air, nama Nelson Baptista mungkin terdengar kurang familiar. Maklum saja, sepanjang karier kepelatihannya Nelson Baptista belum pernah membesut tim-tim Indonesia.

Nelson Baptista sendiri berdasarkan data dari Transfermarkt tercatat terakhir kali menukangi klub Liga Jepang, Kashiwa Reysol. Ia melatih di sana sejak 1 Februari 2019 lalu.