In-depth

Bedah FormasI Mengerikan Persija Jakarta Jelang Piala Menpora 2021

Sabtu, 20 Maret 2021 09:56 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Twitter/@StreamingGuiden/forumpersija.blogspot.com
Dengan kembalinya bintang-bintang asing dan sejumlah pemain lokal baru, akan seperti apa formasi anyar Persija Jakarta di Piala Menpora 2021 dan Liga 1? Copyright: © Twitter/@StreamingGuiden/forumpersija.blogspot.com
Dengan kembalinya bintang-bintang asing dan sejumlah pemain lokal baru, akan seperti apa formasi anyar Persija Jakarta di Piala Menpora 2021 dan Liga 1?

INDOSPORT.COM - Dengan kembalinya bintang-bintang asing dan sejumlah pemain lokal baru, akan seperti apa formasi anyar Persija Jakarta di Piala Menpora 2021 dan Liga 1?

Setelah mati suri selama hampir satu tahun karena adanya pandemi virus corona, dunia sepak bola Indonesia akhirnya bisa menggeliat lagi. Untuk pertama kalinya, klub-klub profesional Tanah Air akan beruji tanding dalam turnamen pramusim Piala Menpora. 

Sebanyak 17 tim peserta akan berpartisipasi pada turnamen ini. Salah satunya adalah jawara Liga 1 2018, Persija Jakarta. 

Persija Jakarta menatap Piala Menpora 2021 dengan persiapan cukup matang. Macan Kemayoran sudah memulai latihan sejak 1 Maret 2021. 

Sampai hari ini, tercatat bintang-bintang utama Persija telah bergabung untuk mematangkan persiapan. Mereka di antaranya adalah Marko Simic, Marco Motta, dan sederet pemain bintang lokal.

Persija asuhan Sudirman diyakini bakal lebih maksimal dengan kehadiran Marko Simic. Sebab, Simic merupakan penyerang utama andalan Persija. 

Mungkin hanya Rohit Chand yang belum menampakan diri. Kabarnya, pemain asal Nepal itu masih terikat tanggung jawab untuk membela tim nasional. Meski begitu, Rohit tetap bagian dari Persija untuk musim ini. 

Jelang kick off Piala Menpora, Minggu (21/03/21) besok, Persija juga kedatangan empat pemain baru. Mereka adalah Muhammad Reza Fauzan, Cahya Supriadi, Raka Cahyana Rizky, dan Muhammad Fajar Firdaus. 

Keempatnya merupakan pemain lokal. Mereka akan bergabung dengan pemain asing baru, Yann Motta yang juga didatangkan bulan ini. 

Lalu, dengan kembalinya bintang-bintang asing dan sejumlah pemain lokal baru, akan seperti apa formasi anyar Persija Jakarta di Piala Menpora 2021? Berikut kami siapkan ulasan lengkapnya. 

FORMASI

4-3-3

KIPER: Andritany

Nama Andritany masih belum tergantikan di bawah mistar gawang Persija Jakarta. Musim ini kiper 29 tahun itu dalam keadaan fit dan siap memperkuat Persija di ajang terdekat, Piala Menpora 2021. 

Andritany yang juga merupakan kapten Persija telah menjadi andalan tim sejak 2017. Ia ikut mengantar Macan Kemayoran menjuarai Liga 1 2018. 

Kelugasan serta reflek bagus yang dimilikinya mampu membuat pertahanan Persija sulit ditembus lawan. Meski begitu, Andritany memiliki kelemahan dalam hal konsistensi penampilan. 

BEK: Rezaldi Hehanusa/Alfath Fathier, Otavio Dutra, Yann Motta, Marco Motta/Ismed Sofyan

Seperti musim lalu, Persija Jakarta kemungkinan besar akan kembali menggunakan formasi 4-3-3 untuk musim ini. Maka dari itu, formasi empat bek pun akan menghiasi lini belakang Persija. 

Dengan skuad terbaik yang ada saat ini, maka posisi kiri akan ditempati oleh Rezaldi Hehanusa. Pemain binaan asli Persija itu menjadi pilar penting yang membawa Macan Kemayoran ke tangga juara tahun 2018. Jika berhalangan, Rezaldi bisa dilapisi oleh Alfath Fathier.

© khairul imam/persija
Latihan perdana persija jakarta di por sawangan, senin (01/03/21). Copyright: khairul imam/persijaLatihan perdana persija jakarta di por sawangan, senin (01/03/21).

Lalu untuk duet bek tengah akan diisi oleh pasangan pemain naturalisasi dan legiun asing anyar, Otavio Dutra - Yann Motta. Otavio Dutra dikenal sebagai salah satu bek kawakan di Liga Indonesia. 

Pengalaman Dutra akan sangat bagus jika disinergikan dengan sosok bek muda asal Brasil, Yann Motta. Duet Dutra - Motta diprediksi akan diandalkan di Piala Menpora 2021. 

Lalu untuk pos kanan tak ada nama lain selain Marco Motta. Marco Motta urung menunjukkan penampilan terbaiknya lantaran liga harus terhenti karena pandemi. Maka dari itu, musim 2021 adalah kesempatan emas bagi mantan bek Serie A ini untuk unjuk gigi.