Liga Indonesia

Diterpa Banyak Musibah, PSM Siap Beri Kejutan di Piala Menpora 2021

Sabtu, 20 Maret 2021 00:40 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Klub Liga 1 PSM Makassar siap memberi kejutan di Grup B Piala Menpora 2021 meski sedang diterpa banyak musibah yang datang silih berganti. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Klub Liga 1 PSM Makassar siap memberi kejutan di Grup B Piala Menpora 2021 meski sedang diterpa banyak musibah yang datang silih berganti.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1 PSM Makassar siap memberi kejutan di Grup B Piala Menpora 2021 meski sedang diterpa banyak musibah yang datang silih berganti.

Di Piala Menpora 2021, Zulkifli Syukur cs. berada di grup neraka bersama dua klub eks juara Liga 1, yakni Bhayangkara Solo FC dan Persija Jakarta, plus Borneo FC yang selalu konsisten bersaing di empat besar.

Sebagaimana diketahui, klub sepakbola kebanggaan publik Sulawesi Selatan ini tengah diuji. Dimulai dari gagalnya mendapat lisensi klub profesional dari AFC sehingga slot di Piala AFC 2021 lenyap.

Kedua ialah mangkraknya proses renovasi Stadion Mattoangin yang selama ini digunakan PSM Makassar. Beruntung, saat markasnya telah rata dengan tanah, seluruh laga Liga 1 2021 nanti bakal dipusatkan di Pulau Jawa.

Paling baru dan yang sangat menghebohkan tentu saja adalah sanksi FIFA yang melarang klub tertua di Indonesia ini mendaftarkan pemain baru pada tiga periode transfer atau hingga awal musim 2023 nanti.

Sanksi berat dari federasi sepakbola dunia tersebut muncul akibat kegagalan membayar gaji pemain selama musim 2020 lalu sehingga penyerang asing, Giancarlo Lopes Rodrigues, memperkarakannya.

Akibat krisis finansial yang melanda, sebanyak 17 pemain penting musim lalu memutuskan untuk hengkang ke klub lain pada awal musim 2021 seperti Ferdinand Sinaga, Ezra Walian, dan Bayu Gatra.

Bahkan, para suporter sangat khawatir klub idolanya gagal mengikuti Liga 1 2021 ataupun berpartisipasi di ajang Piala Menpora lantaran manajemen klub urung berkomentar atas musibah yang terjadi.

Namun, di tengah rentetan masalah pelik tersebut, PSM Makassar akhirnya menggelar latihan perdana untuk menyambut musim 2021 di Bosowa Sport Center (BSC), Makassar, Minggu (07/03/21) lalu.

Setelah dua pekan persiapan, Zulkifli Syukur cs. bersiap terbang ke Malang pada Sabtu (20/03/21) untuk mengejutkan para rival di grup neraka Piala Menpora 2021.

"Saya selalu tanamkan ke para pemain untuk tidak menyimpan rasa takut di dalam pikiran. Kami harus melawan mereka," ungkap pelatih Syamsuddin Batola kepada INDOSPORT, Jumat (19/03/21).

"Kalau berhasil mengalahkan lawan yang berat tentu prestasi yang luar biasa apalagi kami ini 100 persen pemain lokal. Semoga semua pemain bisa saling bekerjasama dengan baik," tambahnya.