In-depth

Sudah Saatnya Merebut Posisi Kiper Nomor 1 Chelsea, Kepa!

Selasa, 23 Maret 2021 16:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Glyn Kirk/PA Images via Getty Images
Kepa Arrizabalaga di laga Brighton vs Chelsea Copyright: © Glyn Kirk/PA Images via Getty Images
Kepa Arrizabalaga di laga Brighton vs Chelsea

INDOSPORT.COM – Banyak pihak yang tak setuju Kepa Arrizabalaga kembali menjadi kiper nomor 1 Chelsea. Namun, sudah saatnya ia kembali ke posisi tersebut bersama Thomas Tuchel.

Dalam kurun dua musim terakhir, nama Kepa menjadi bulan-bulanan pecinta sepak bola karena keteledorannya menjaga gawang Chelsea sehingga membuat The Blues dirugikan.

Cemoohan yang mengalir kepadanya juga tak lepas dari fakta bahwa dirinya berstatus penjaga gawang termahal di dunia usai diboyong pada 2018 lalu dari Athletic Bilbao.

Saat itu, Chelsea rela merogoh kocek sebesar 71.6 juta poundsterling dan memecahkan rekor yang belum lama dipegang Alisson Becker.

Di musim perdananya, Kepa Arrizabalaga menjadi kiper utama Chelsea di bawah arahan Maurizio Sarri. Sejenak, karier di tahun pertamanya tak begitu buruk dengan sumbangsih gelar Liga Europa 2018-2019.

Pun gelar kolektif itu ia barengi dengan banyaknya Clean Sheet yang ia buat sehingga dirinya masuk dalam nominasi kiper terbaik FIFA pada 2019, mengacu pada penampilannya pada musim perdananya bersama Chelsea.

Namun di musim keduanya, Kepa mulai ‘melawak’. Penampilannya cenderung inkonsisten dan kerap membuat Chelsea merasa dirugikan.

Olok-olok pun mampir sepanjang 2019-2020 dan membuat pelatih Chelsea kala itu, Frank Lampard mencadangkannya dan memilih Willy Caballero yang berusia hampir 40 tahun.

Memasuki musim ketiganya, Kepa harus menerima fakta bahwa Chelsea memboyong kiper lain pada sosok Edouard Mendy di musim panas 2020. Alhasil, namanya kian tergusur dari posisi penjaga gawang nomor 1.

Kini, Kepa Arrizabalaga berstatus kiper kedua Chelsea. Namun, sudah saatnya ia membuktikan harga dirinya kembali bersama Thomas Tuchel di pentas teratas.