Bola Internasional

Xabi Alonso dan Faktor yang Bisa Membuatnya Mengguncang Bundesliga Jerman

Selasa, 23 Maret 2021 15:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Legenda sepak bola asal Spanyol, Xabi Alonso dilaporkan sepakat melatih Borussia Monchengladbach musim 2021/2022. Kini pertanyaan muncul, siapkah eks Liverpool dan Real Madrid ini menancapkan namanya sebagai yang terbaik di Bundesliga Jerman?

Xabi menjadi gerbong pemain ternama yang bakal meramaikan panggung sepak bola sebagai pelatih. Sebelumnya, para pemain seangkatannya seperti Steven Gerrard, Frank Lampard dan Andrea Pirlo lebih dulu terjun di dunia kepelatihan.

Xabi akan mencicipi panasnya kursi kepelatihan setelah dilaporkan sepakat menukangi Monchengladbach yang dipastikan ditinggal oleh Marco Rose ke Borussia Dortmund.

Penunjukkan Xabi sendiri sejatinya cukup mengejutkan. Sebab, ia tak punya rekam jejak ataupun memiliki ketertikatan dengan Monchengladbach.

Semasa berkarier, Xabi Alonso bermain untuk Real Sociedad, Liverpool, Real Madrid dan Bayern Munchen saja. Tentu, sebagai warga negara Spanyol, ia tak punya hubungan apapun dengan Borussia Monchengladbach.

Namun, Monchengladbach yakin dengan keputusannya karena melihat sesuatu dari Xabi yang dianggap kompeten untuk menjadi suksesor Marco Rose.

Monchegladbach juga yakin dengan kapasitas Xabi kendati hanya baru mencicipi dunia kepelatihan di tim muda Real Madrid dan Real Sociedad B.

Rekornya dalam melatih pun tak cukup cemerlang. Pria berusia 39 tahun ini hanya mampu meraih 23 kemenangan, 12 hasil imbang dan 12 kekalahan.

Tentu banyak yang menganggap keputusan Monchengladbach adalah sebuah perjudian besar mengingat prestasi tim berjuluk Die Fohlen tersebut bersama Marco Rose.

Akan tetapi, siapkah Xabi Alonso menerima perjudian itu? Mampukah ia menjawab tantangan dan menorehkan namanya di Bundesliga Jerman? Jawabannya adalah iya. Apalagi, jika menilik beberapa faktor di bawah ini.