Bola Internasional

Cedera Horor Bikin Timnas Vietnam dan Park Hang-seo Merana, Keuntungan Indonesia?

Rabu, 24 Maret 2021 18:14 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Isman Fadil
© Gary Tyson/Getty Images for SEA Games
Timnas Vietnam dipastikan kehilangan kekuatan tempur karena kaptennya alami cedera mengerikan. Sampai buat Park Hang-seo merana, keuntungan bagi Timnas Indonesia? Copyright: © Gary Tyson/Getty Images for SEA Games
Timnas Vietnam dipastikan kehilangan kekuatan tempur karena kaptennya alami cedera mengerikan. Sampai buat Park Hang-seo merana, keuntungan bagi Timnas Indonesia?

INDOSPORT.COM - Kabar kurang menyenangkan harus dialami oleh Timnas Vietnam karena salah satu pemain andalan Park Hang-seo cedera mengerikan. Akankah hal ini jadi kabar gembira bagi Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia?

Sepak bola Tanah Air dikenal kurang hasilkan prestasi membanggakan beberapa tahun terakhir. Maklum saja, setelah rentetan hasil miris meskipun sempat raih medali perak kategori sepak bola pria di SEA Games 2019, peringkat FIFA nyatanya masih 173.

Bisa dibilang, penampilan dari skuat senior pun tak layak tunjukkan perkembangan berarti, apalagi ketika melakoni gelaran kualifikasi Piala Dunia zona Asia. Berada di grup G alias neraka, tim Merah-Putih mendapati lawan-lawan yang terlalu tangguh.

Ditukangi Simon McMenemy, hasrat Timnas Indonesia melaju ke babak lanjutan harus kandas usai alami lima kali kalah dari lima pertandingan terakhir. Meskipun masih ada sisa pertandingan, mereka sudah tereliminasi dari perebutan tiket Piala Dunia 2022.

Skuat Garuda sendiri tak berdaya dengan kekuatan Timnas Vietnam yang tak cuma pecundangi mereka di babak grup kompetisi yang dihelat AFC tersebut melainkan juga SEA Games tahun lalu. Kekuatan mereka berbeda jauh baik dari segi kualitas dan pelatihnya.

Bakal bertemu lagi di sisa laga kualifikasi Piala Dunia dan berlanjut SEA Games tahun ini, ada sedikit harapan bagi Evan Dimas beserta koleganya. Bukan hanya karena McMenemy digantikan Shin Tae-yong melainkan juga musibah yang menimpa Timnas Vietnam.

Ya, skuat The Golden Star berpotensi tak diperkuat oleh kaptennya, Do Hung Dung, imbas cedera fatal. Ironisnya, pemain andalan Park Hang-seo itu harus mengalami nasib tragis ketika lakoni suatu pertandingan liga domestik.