In-depth

Hadir Saat Pandemi, Vaksin Pencinta Sepak Bola Itu Bernama Piala Menpora

Rabu, 24 Maret 2021 16:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry/Indosport
Piala Menpora hadir bagi para pencinta olahraga sepak bola di Indonesia saat pandemi masih berlangsung. Copyright: © Herry/Indosport
Piala Menpora hadir bagi para pencinta olahraga sepak bola di Indonesia saat pandemi masih berlangsung.

INDOSPORT.COM - Sepak bola Indonesia kembali bergairah. Hal ini setelah turnamen Piala Menpora 2021 telah resmi bergulir.

Bergulirnya kembali Piala Menpora 2021 tentu bagaikan oase di tengah gurun yang sangat tandus. Kehadiran turnamen pramusim ini memberikan semangat dan harapan pesepak bola Indonesia yang sudah hampir sirna.

Bagaimana tidak, sudah hampir setahun lamanya sepak bola Indonesia seakan mati suri karena dihajar pandemi Covid-19. Meski begitu, gelaran Piala Menpora 2021 kali ini bukan tanpa tantangan.

Sebab, turnamen pramusim bagi tim Liga 1 ini berlangsung dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia. Tak pelak PSSI dan LIB selaku panitia penyelenggara harus sangat hati-hati dan wajib mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat.

Memang berbagai protokol kesehatan ketat telah dilakukan dalam perhelatan Piala Menpora 2021, dari pembatasan jumlah orang di dalam stadion, pelaksanaan swab antigen yang wajib dilakukan pemain serta seluruh perangkat pemain saat hari H sebelum melakukan pertandingan, hingga tanpa adanya penonton di seluruh pertandingan.

Pelaksanaan protokol kesehatan memang menjadi perhatian besar bagi mereka yang terlibat di dalamnya. 

Beberapa jam sebelum resmi digulirkan pada Minggu 21 Maret lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, beserta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Ketua Organizing Committee (OC),  Akhmad Hadian Lukita, turun langsung mengecek persiapan penerapan protokol kesehatan.

Mereka tidak mau sampai ada yang terlewat dalam pelaksanaan protokol kesehatan.

"Kami terus memastikan terus protokol kesehatan dan kesiapan pertandingan. Saya sampai mengecek bagaimana nanti dari bus pemain datang, pemain masuk ke stadion hingga nantinya meninggalkan stadion," buka Zainudin Amali.

"Yang di dalam stadion harus sudah menjalani swab, dan saya pun ketika masuk harus melakukan swab terlebih dahulu, teman-teman wartawan sudah semua di swab kan," tanya Amali.

"Sudah Pak," jawab wartawan termasuk wartawan INDOSPORT yang kebetulan hadir dalam pembukaan Piala Menpora 2021.

Tak hanya tinjauan protokol kesehatan ketika pertandingan semata, kesehatan para pemain di Piala Menpora pun menjadi perhatian. Setidaknya, langkah lain yang jadi wujud proteksi pemain adalah pelaksanaan vaksinasi.