Liga Spanyol

Tak Cuma Bangkitkan Messi, Ronald Koeman Selamatkan Barcelona dari Krisis Ekonomi

Sabtu, 27 Maret 2021 13:37 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Bukan hanya bangkitkan Lionel Messi dan koleganya, aksi Ronald Koeman ini juga bisa selamatkan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, dari kebangkrutan. Copyright: © Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Bukan hanya bangkitkan Lionel Messi dan koleganya, aksi Ronald Koeman ini juga bisa selamatkan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, dari kebangkrutan.

INDOSPORT.COM - Sempat diragukan karena kapasitannya yang minim, Ronald Koeman akhirnya buktikan tajinya bangkitkan performa Lionel Messi cs. Bukan cuma itu, aksinya ini bisa selamatkan klub LaLiga Spanyol, Barcelona dari kebangrutan.

Referensi dari pelatih berkebangsaan Belanda ini awalnya membuat Cules ketar-ketir karena tak terlalu membanggakan. Cukup gemilang bersama Ajax Amsterdam, prestasinya tak terlalu berkembang ketika minim juara bersama Everton, Southampton, dan Valencia.

Begitupun bersama Timnas Belanda, ia hanya bisa bantu raih runner up di ajang UEFA Nations League 2018-2019. Ketika pengalamannya terkesan kurang mentereng, bagaimana bisa ia layak menukangi Blaugrana yang baru saja tertimpa musibah bertubi-tubi?

Sebagaimana diketahui, kedatangannya terkesan kurang pas ketika Barcelona menderita kehilangan LaLiga Spanyol dan Liga Champions secara menyakitkan. Belum lagi masalah finansial berupa hutang 1,2 miliar euro (Rp20 triliun), yang buat klub kian dekat bangkrut.

Gilanya lagi, Koeman sempat cari gara-gara dengan Messi ketika tak mau menganggapnya pemain istimewa sekaligus menendang para pemain potensial termasuk Luis Suarez. Meskipun pada dasarnya hal ini dilakukan demi kebaikan bersama mengatasi masalah finansial.

Sempat buruk diawal musim, performa El Barca malah mulai tunjukkan taringnya pada paruh musim kedua. Boleh saja mereka kehilangan Supercopa de Espana dan Liga Champions, tapi sepak terjang dari para pemain terbukti kian hebat.

Messi yang awalnya benci pun kian mampu beradaptasi dengan 'wajah' baru Barcelona, dan bahkan Joan Laporta sang presiden baru mendukung Koeman secara penuh. Kehebatan dari eks pelatih Timnas Belanda ini ternyata juga terlihat jauh diawal-awal.